Moskow (ANTARA News) - Para petinggi Rusia berharap Perdana Menteri Vladimir Putin akan memimpin delegasi negara itu dalam mempresentasikan keinginan mereka menjadi tuan ruman Piala Dunia 2018 atau 2022, demikian diungkapkan anggota senior pemerintah Rusia, Rabu.

"Anda diundang datang ke acara itu. Kami harap Anda bersedia datang," kata Deputi Pertama PM Igor Shuvalov, dalam pertemuan ofisial top pemerintahan, kepada Putin seperti dilansir media lokal, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Delegasi Rusia akan datang ke markas FIFA di Zurich, Desember, ketika badan sepak bola dunia itu memilih tuan rumah untuk kedua event itu.

Pada Juli 2007, Putin, bersama presiden Rusia, merupakan kunci utama dalam pemutusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) tentang Olimpiade musim dingin 2014 diadakan di kawasan Laut Hitam di Sochi.

"Kami semua masih ingat bagaimana cara Anda mempresentasikan keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade 2014 di Sochi," kata Shuvalov.

Putin, berbicara dalam pertemuan Rabu, mengimbau para menteri untuk dengan cepat menjalankan proyek Piala Dunia yang diresmikan Oktober tahun lalu.

"Anda lebih baik memulainya sejak sekarang, jangan tunggu sampai surat kerja keluar," kata Putin kepada Shuvalov.

Shuvalov mengatakan, dokumen penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia itu akan dikirim kepada FIFA pada 14 Mei.

Rusia menawarkan (bidding) sebagai tuan rumah Piala Dunia bersama Australia, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Belgia/Belanda dan Spanyol/Portugal, untuk tahun 2018 atau 2022.

Indonesia, Qatar dan Korea Selatan melakukan "bidding" untuk babak final 2022.(A008/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010