Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Umum Pengprov PSSI Papua Usman Fakaubun meminta Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) di Malang 30-31 Maret 2010 tidak mengarah ke pemakzulan atau pelengseran Ketua Umum PSSI Nurdin Halid.

"Jangan ada proses pemakzulan di KSN. Kami akan tetap loyal pada organisasi," katanya di sela konsolidasi PSSI menjelang KSN di Hotel Gran Melia Jakarta, Kamis.

Menurutnya, KSN tidak berwenang melengserkan Ketua Umum PSSI, kecuali hanya rekomendasi, apalagi pada 2011 PSSI akan menggelar kongres pergantian kepengurusan.

"Tidak disuruhpun tahun 2011 pengurus PSSI diganti melalui arena kongres. Yang jelas, Pengprov dari Aceh hingga Papua harus loyal pada organisasi," katanya tegas.

Pengprov PSSI Papua pada 2008/2009 pernah menjadi pihak yang paling getol ingin melengserkan Nurdin Halid dalam kaitannya dengan kasus final Copa Indonesia saat Persipura melawan Sriwijaya FC.

Saat itu, Persipura dikenai sanksi berlapis dari Komisi Disiplin PSSI karena tidak melanjutkan pertandingan final Copa yang digelar di Palembang, Sumatra Selatan.

"Kondisi dulu berbeda dengan saat ini. Dulu, kalau saya tidak ngomong seperti itu (menuntut Nurdin mundur), kantor Pengprov PSSI akan dirusak massa," katanya.

Konsolidasi PSSI di Hotel Gran Melia Jakarta dihadiri hampir semua pengprov PSSI, kecuali Pengprov DIY, sementara seluruh pengurus PSSI Pusat menghadirinya. (*)

ANT//AR09


Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010