Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dijadwalkan melakukan kunjungan ke Myanmar pada 30 Maret 2010, sebagai bagian dari rangkaian kunjungannya ke negara-negara Asia Tenggara dalam rangka perkenalan sebagai Menlu Republik Indonesia.

"Ini bagian dari tradisi tapi kita tentu ada upaya meningkatkan hubungan antara kedua negara," kata Menlu di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri Jakarta, Jumat.

Selain membahas mengenai hubungan dwipihak, lanjut dia, terbuka peluang Indonesia juga akan menanyakan mengenai persiapan pelaksanaan pemilihan umum di Myanmar yang dijadwalkan pada 2010.

Sebelumnya pada penghujung 2009, Menlu telah melakukan lawatan ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, antara lain Filipina, Thailand, Kamboja, dan Brunei.

Dalam lawatannya tersebut selain melakukan pertemuan dengan timpalannya, Menlu juga melakukan kunjungan kehormatan kepada kepala pemerintahan atau kepala negara di negara yang dikunjunginya.

Pada awal April 2010, negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN juga akan menggelar pertemuan puncak (KTT) ASEAN di Hanoi, Vietnam, guna membahas mengenai arsitektur kawasan dan pelaksanaan Piagam ASEAN.
(T.G003/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010