Washington (ANTARA News/AFP) - Amerika Serikat, Jumat menyatakan, pihaknya akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan antara menteri perdagangan dari 21 ekonomi Forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di negara bagian Montana pada Mei tahun depan.

"Membawa para Menteri Perdagangan APEC ke Montana akan memperluas cakrawala kita baik secara harfiah maupun kiasan, memberikan mitra kami perspektif yang segar di tempat yang beragam dari pengusaha Amerika dan kegiatan ekspor," kata Ron Kirk, utusan perdagangan AS terkemuka.

"Orang Amerika Barat selalu menjadi tempat kemungkinan tak terbatas," ia berkata. Montana yang kaya pertanian sering disebut negara "Big Sky", yang terkenal karena wilayah barat yang bergunung-gunung, bagian dari Rocky Mountains yang terkenal.

Keputusan untuk menjadi tuan rumah APEC di Big Sky "akan menyoroti betapa pentingnya mempercepat perluasan pasar Asia-Pasifik untuk eksportir Montana," kata Senator Demokrat Max Baucus, yang mewakili negara.

Montana mengekspor hampir 400 juta dolar barang dagangan ke Asia sendiri, dengan ekspor ke kawasan itu telah meledak tumbuh 320 persen sejak 2001, kata Baucus.

Amerika Serikat akan mengambil alih kepemimpinan APEC pada 2011 dan juga tuan rumah KTT tahunan forum APEC, yang membentuk lebih dari setengah ekonomi global dan sekitar 2,6 miliar orang, termasuk dari ekonomi-ekonomi seperti China, Kanada, Jepang, Rusia, Chili dan Indonesia.

Negara bagian Hawaii, rumah Presiden AS Barack Obama akan menjadi tuan rumah KTT para pemimpin APEC 2011.

Pertemuan para menteri perdagangan APEC tahun ini akan diselenggarakan di Sapporo, Jepang pada Juni menjelang pertemuan puncak di Yokohama. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010