Semarang (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa berkeberatan jika Ketua Majelis Pertimbangan Partai ini Amien Rais diminta kembali memimpin Muhammadiyah.

"Memang ada desakan kuat dari berbagai wilayah agar Pak Amien bersedia kembali menjadi Ketua Umum Muhammadiyah," kata Hatta di sela rapat koordinasi Dewan pimpinan Wilayah PAN Jawa Tengah di Semarang, Sabtu.

Menurutnya, partai ini tetap memiliki rasa keberatan jika Amien Rais diminta meninggalkan jabatannya di partai untuk memimpin Muhammadiyah karena PAN memiliki hubungan erat dengan sosok Amien.

"Pak Amien merupakan pendiri sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Partai ini," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Meski demikian, lanjut dia, PAN tetap menghormati keinginan warga Muhammadiyah meminta Amien Rais kembali memimpin organisasi kemasyarakatan itu.

"Kalau desakannya cukup kuat, kami akan mendukung penuh," tegasnya.

Hatta meminta soal itu tidak perlu dispekulasikan macam-macam, apalagi wacana kembalinya mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu memimpin Muhammadiyah, masih dimusyawarahkan di internal partai. (*)

I021/AR09

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010