London (ANTARA News) - Sebanyak 50 siswa dari 17 kota yang tengah mengikuti pertemuan tahunan siswa SMA se-Ceko mengaku tertarik pada politik luar negeri RI, setelah mendengarkan ceramah perkembangan politik luar negeri RI yang disampaikan Counselor Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi di Praha.

Generasi muda Ceko itu mendengarkan dengan penuh perhatian, kata Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara di London, Sabtu.

Kepada para siswa itu, Azis memaparkan perkembangan kebijakan luar negeri Indonesia secara umum, peran Indonesia di ASEAN dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Ceko yang selama ini berjalan baik.

Menurut Jan Teply, pimpinan rombongan, Indonesia dipilih menjadi salah satu negara yang dipelajari karena peran aktif Indonesia di dunia internasional, terutama ASEAN.

Selain itu mereka juga ingin mengetahui perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan Ceko.

Tahun ini adalah ketiga kalinya panitia Prague Student Summit memilih KBRI Praha sebagai salah satu kedutaan yang dikunjunginya.

Tomas Herlik, siswa SMA di kota Domazlice mengatakan informasi yang diperoleh sangat bermanfaat bagi tim mereka karena memperkuat argumentasi ketika harus mewakili Indonesia di forum diskusi itu.

Selama penjelasan, beberapa siswa menanyakan hubungan Indonesia dengan beberapa negara sahabat, serta mengenai terorisme dan proses demokratisasi di Indonesia dan ASEAN.

Pertemuan nasional tahunan siswa SMA se-Ceko itu diadakan pada 18-22 Maret oleh Association for International Affairs, organisasi yang memberi perhatian khusus pada masalah internasional dan didukung pemerintah Ceko, demikian Azis Nurwahyudi. (*)

H-ZG/F001/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010