London (ANTARA News/Reuters) - Manchester United bangkit kembali dari ketertinggalan secara mengejutkan di awal pertandingan untuk mengalahkan musuh bebuyutannya, Liverpool, 2-1, Minggu, dan kembali ke puncak klasemen sementara Liga Utama Inggris (Liga Primer).

Gol yang dicetak Wayne Rooney dan Park Ji-sung membuat juara Inggris tersebut mengumpulkan 69 angka dari 31 pertandingan, mengungguli Arsenal dengan dua angka. Chelsea, yang kini menempati posisi ketiga dengan 64 angka, akan kembali berada di atas Arsenal bila mereka mengalahkan Blackburn Rovers dalam pertandingan yang dimulai pukul 16:00 GMT (23:00 WIB).

Liverpool unggul terlebih dahulu dalam pertandingan di Old Trafford tersebut ketika Fernando Torres menjebol gawang Manchester United melalui sundulannya pada menit kelima setelah mendapat umpan silang Dirk Kuyt, tetapi keunggulan mereka tidak berlangsung lama.

Manchester United menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian setelah Javier Mascherano melakukan pelanggaran tehadap Antonio Valencia, sehingga juara Inggris itu mendapat hadiah tendangan penalti.

Meskipun tendangan Rooney, yang menjadi algojo tendangan penalti itu, dapat diselamatkan oleh penjaga gawang Pepe Reina, tetapi bola pantulannya dapat dimanfaatkan oleh pemain penyerang Inggris itu untuk mencetak golnya yang ke-33 musim ini.

Park mencetak gol kemenangan ketika ia menyambut umpan silang Darren Fletcher dengan lompatan yang berani untuk menyundul bola umpan itu di menit ke-60.

Kemenangan tersebut memperkokoh cengkeraman Manchester United untuk menjadi klub pertama Inggris yang meraih empat gelar juara secara beruntun. Gelar juara tersebut akan merupakan mahkota ke-19 mereka, satu gelar lebih banyak daripada yang diperoleh Liverpool.

Kekalahan ke-10 Liverpool di ajang Liga Primer musim ini menghambat usaha mereka untuk menempati posisi keempat dan merebut tempat Liga Champions.

Mereka tetap berada di posisi kelima dengan 51 angka, empat angka di bawah Tottengham Hotspur, tetapi mereka akan dapat terperosok lebih dalam bila Manchester City menang di Fulham dalam pertandingan berikutnya.

Liverpool datang ke pertandingan tersebut dengan berbekal tiga kemenangan beruntun atas Manchester United, termasuk kemenangan 4-1 musim lalu di Old Trafford, dan kemenangan atas Portsmouth dan Lille pekan lalu.

Mereka mengawali pertandingan secara gemilang ketika torres berhasil melepaskan diri dai kawalan Gary Neville untuk menyundul bola yang menjebol gawang yang dijaga Edwin van der Sar.

Tetapi, mereka tidak mampu mempertahankan keunggulannya, saat Mascherano membuat terjadinya tendangan penalti kontroversial ketika ia melakukan pelanggaran terhadap Valencia di luar daerah penalti.

Wasit Howard Webb, wakil Inggris di Piala dunia tahun ini, memberikan tendangan penalti kepada Manchester United dan Rooney menjalankan tugasnya secara baik dengan memanfaatkan bola muntah setelah tendangan penaltinya dapat ditahan penjaga gawang Liverpool, Pepe Reina.

Kapten Liverpool Steven Gerrard mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol, tetapi kesempatan itu gagal dimanfaatkan secara baik, dan kebuntuan itu terpecahkan saat Rooney mengoper bola kepada Fletcher di sisi kanan dan kemudian memberikan umpan silang kepada Park, yang kemudian mencetak gol kemenangan melalui sundulannya.

Torres dan Yossi Benayoun mempunyai kesempatan untuk mencetak gol guna menyamakan kedudukan di saat-saat terakhir pertandingan, tetapi Manchester United mampu mempertahankan keunggulannya. (S005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010