iPhone 12 Mini, alternatif ponsel kecil yang "besar"

iPhone 12 Mini, alternatif ponsel kecil yang "besar"

Perbandingan ukuran iPhone 12 mini (kiri) dengan iPhone 8 (kanan) (apple.com)

Jakarta (ANTARA) - Apple baru saja meluncurkan iPhone 12 terbaru pekan ini, menawarkan empat model yang terdiri dari pilihan harga hingga layar.

Gawai buatan Apple berkali-kali menjadi pencetus tren di industri ponsel. Ketika Apple untuk pertama kalinya mengeluarkan iPhone generasi pertama, ponsel dengan layar sentuh saat itu belum banyak diadopsi oleh merk lain.

Begitu juga ketika Apple membuat notch, takik di bagian layar atas, di iPhone X pada 2018 lalu, segera saja notch menjadi tren baru untuk desain ponsel.

Kehadiran iPhone 12 Mini, versi terkecil di seri ini, digadang-gadang akan menjadi tren baru untuk layar ponsel, yang sejak beberapa tahun belakangan semakin besar.

iPhone 12 Mini, dengan layar 5,4 inci menawarkan gawai yang ringkas untuk digenggam dengan satu tangan, seperti ditulis dalam tulisan opini yang dimuat di situs The Verge dikutip Sabtu.

The Verge menulis iPhone 12 Mini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang tidak begitu sering menonton dan bermain game di ponsel, juga untuk mereka yang tidak memerlukan banyak kamera.

"Fitur kamera ekstra biasanya satu paket dengan ukuran ponsel lebih besar," tulis The Verge.

Konsultan teknologi di CCS Insight, Ben Wood, dikutip dari The Guardian, memprediksi iPhone 12 Mini akan sangat populer karena ada pasar yang menyukai ponsel flagship dengan layar kecil.

"Ke mana pun Apple pergi, yang lain mengikuti. Saya rasa kompetitor juga akan menjalankan langkah serupa selama 12 bulan ke depan," kata Wood.

Meski pun berukuran paling kecil dan harga termurah dari lini iPhone 12 lainnya, versi Mini ini tetap mendapatkan jaringan 5G.

Dalam tulisan "Why Apple's Iphone 12 Could Be a Runaway Hit" yang dimuat di laman Nasdaq pada Jumat (16/10) lalu, Apple membuat rentang harga yang baik untuk setiap model iPhone 12, dimulai dari versi Mini di harga 699 dolar.

Harga yang ditawarkan Apple sama dengan gawai 5G Android termurah di pasaran, yakni OnePlus.

Sementara jika konsumen ingin mendapatkan layar yang lebih besar, mereka bisa memilih iPhone 12 reguler pada harga 799 dolar, selisih 100 dolar dari versi Mini.

Begitu juga jika ingin layar yang lebih besar lagi, mereka bisa memilih iPhone 12 Pro 6,5 inci (999 dolar) dan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci (1.099 dolar).


Baca juga: Intip perbedaan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

Baca juga: iPhone 12 dan iPhone 12 mini dirilis, ini spesifikasinya

Baca juga: Bocoran harga iPhone 12 yang bakal hadir empat model tahun ini

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Shuttle bus otonomos berteknologi 5G angkut penumpang di Chengdu, China

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar