Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Agus Purnomo menyatakan bahwa PKS bersedia keluar dari koalisi partai pendukung pemerintah jika yang meminta adalah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

"Karena pembuat keputusan soal koalisi di Partai Demokrat adalah Ketua Dewan Pembina yakni Susilo Bambang Yudhoyono," kata Agus Purnomo pada "Konsolidasi Koalisi Pasca Panitia Angket Century" di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, kalau yang meminta keluar dari koalisi adalah pengurus harian Partai Demokrtat, PKS tidak akan keluar karena bukan kewenangannya.

Kalau ada pernyataan yang meminta PKS keluar dari koalisi, katanya, PKS akan melihatnya secara proporsional siapa yang mengatakan hal tersebut dan apa pertimbangannya.

Ditegaskannya, setiap partai anggota koalisi pendukung pemerintahan memiliki kebijakan sendiri dan memiliki figur pengambil keputusan yang menandatangani kesepakatan koalisi.

Figur tersebut adalah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Majelis Syuro PKS KH Hilmi Aminuddin, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali, Ketua Umum PAN Hatta Radjasa, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, serta Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

"Evaluasi dan pengambilan keputusan soal koalisi dibahas dan diputuskan oleh figur-figur pengambil keputusan di setiap partai," katanya.

(T.R024/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010