Bengkulu (ANTARA News) - Gubernur Bengkulu Agusrin M. Najamudin dan istrinya, Diah Nurwiyanti Agusrin, masing-masing mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Provinsi Bengkulu 2010.

"Keduanya sudah resmi mencalonkan nama pada posisi kandidat calon gubernur dan hari ini jadwal Diah Nurwiyanti Agusrin yang diwawancara tim sembilan," kata Sekretaris Tim Sembilan DPD Partai Demokrat Sukri Neri, di Bengkulu, Rabu.

Selain pasangan suami isteri tersebut, adik kandung Agusrin, yakni Sultan Najamudin juga mendaftar mendaftar sebagai bakal calon gubernur (cagub) lewat Partai Demokrat.

Sukri mengatakan, terdapat empat kandidat cagub yang mendaftar ke Partai Demokrat, yaitu Agusrin M. Najamudin, Diah Nurwiyanti Agusrin, Sultan Najamudin dan Noor Sutiyah Amiril atau lebih dikenal dengan sebutan Bunda Setia.

Sementara kandidat calon wakil gubernur terdapat dua orang, yaitu Azwar Boerhan dan Rofiq Sumantri.

Ia mengatakan, wawancara tersebut hanya memastikan kesiapan para calon untuk maju dan siap menang pada Pilkada Provinsi Bengkulu 2010.

"Ini bukan uji kelayakan, tapi wawancara untuk mengetahui kesiapan para kandidat calon ini untuk maju dan siap menang pada pemilihan gubernur," katanya.

Hingga Rabu, empat kandidat sudah melakukan wawancara, yakni Sultan Najamudin, Diah Nurwijayanti Agusrin, Azwar Boerhan dan Rofig Sumantri.

Selanjutnya pada Kamis (25/3) akan dilakukan wawancara terhadap kandidat cagub Bunda Setia. Sementara itu, Agusrin M Najamudin masih menyesuaikan jadwal.

"Kami tidak bisa menentukan jadwal untuk Gubernur karena beliau juga sedang sibuk melaksanakan tugas daerah. Nanti akan disesuaikan," katanya.

Sukri mengatakan, beberapa pertanyaan yang diajukan terhadap para kandidat cagub dan cawagub antara lain kesiapan mental, siap memenangkan pilkada yang didukung dengan keberadaan jaringan, dukungan serta kesiapan finansial.

Hasil wawancara ini akan diplenokan oleh Tim Sembilan sehingga menghasilkan maksimal tiga pasang bakal cagub/cawagub untuk disampaikan ke DPP di Jakarta.

"Pada akhirnya DPP yang akan memutuskan pasangan yang akan diusung secara penuh oleh partai pada pemilihan 3 Juli 2010," katanya menambahkan.
(T.K-RNI/U002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010