Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa menyatakan bahwa ia diminta oleh Wapres Boediono untuk memperhatikan nasib para petani di Karawang yang sawahnya terendam banjir.

"Saya diminta untuk apakah ada kerusakan-kerusakan pada sektor produksi kita, misalkan persawahan. Kita harus lihat apa ada infrastruktur yang rusak," ujar Hatta Radjasa usai diterima di Kantor Wapres di Jakarta, Rabu.

Hatta mengatakan, pendataan terhadap kerusakan yang terjadi penting agar dapat segera ditangani sehingga ketika musim tanam, para petani siap menanam kembali.

Belasan hektare padi siap panen di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kebanjiran akibat luapan Sungai Citarum sejak Sabtu (20/3). Petani mengaku rugi karena mutu dan harga gabah anjlok.

Banjir di sekitar aliran Sungai Citarum hingga Minggu (21/3) menggenangi sedikitnya 1.407 rumah yang tersebar di dua desa di Kabupaten Purwakarta serta sedikitnya delapan desa/kelurahan di Kabupaten Karawang. Lima desa di antaranya tergenang sejak Kamis pekan lalu.

(T.R018/S018/A041/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010