Jakarta (ANTARA News) - Anggota Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya menyita senjata tajam berupa celurit, stik golf dan berbagai macam kayu yang diduga milik suporter tim Persija saat merazai angkutan umum.

Polisi telah menahan dua orang suporter Persija yang diduga membawa senjata tajam saat razia kendaraan di depan Polda Metro Jaya, Kamis.

Kedua suporter itu adalah Ipul yang membawa sabuk besi asal Condet, Jakarta Timur dan Antonius yang membawa stik golf warga Pondok Pinang Ranti, Jakarta Timur, sementara pelaku yang membawa celurit tidak ditemukan.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan razia terhada kendaraan yang membawa suporter Persija itu untuk mencegah pendukung "The Jack Mania" melakukan tindakan anarki.

"Kami memeriksa secara selektif terhadap kendaraan melebihi kapasitas jumlah penumpang dan dicurigai membawa senjata maupun narkoba," ujar Boy.

Boy mengungkapkan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Wahyono menginstruksikan seluruh anggota Polda untuk memeriksa kendaraan umum pembawa suporter Persija yang diduga membawa barang mencurigakan.

Kapolda juga memerintahkan seluruh Kepala Polres Metro di wilayah Metro Jaya menginventarisasi titik yang menjadi lokasi pemberangkatan dan menempatkan kekuatan anggota yang cukup pada titik yang dianggap rawan bentrokan.

"Termasuk mengamankan tempat pertemuan antarsuporter dan melakukan penyuluhan di stadion," ucap Boy.

Ribuan pendukung "The Jack Mania" berbondong-bondong menuju Stadion Gelora Bung Karno untuk menyaksikan "big macth" Persija lawan Persib, Kamis sore ini pukul 15.30 WIB pada lanjutan kompetisi sepakbola Liga Super Indonesia.(*)

T014/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010