Padang (ANTARA News) - Koalisi Parpol Maju Bersama (KPMB) batal mengusung Dirut PT Semen Padang, Endang Irzal, sebagai calon gubernur Sumbar periode 2010-2015, karena yang bersangkutan tidak lulus proses verifikasi lapangan.

Penilaian tim menyimpulkan kalau Endang Irzal tidak masuk kategori yang diinginkan oleh KPMB," kata Ketua KPMB Jasmar, saat dihubungi Kamis.

Dia mengatakan, ada tiga faktor penilaian dianggap wajib oleh KPMB dalam mengusung calon gubernur mendatang, yakni administrasi, kedisiplinan, dan komitmen.

"Kalau gagal dalam satu item, lamaran para balon dipastikan gagal dan ditolak ikut verifikasi lanjutan," katanya.

Selain Endang, tambah Jasmar, empat kandidat lain pun ikut tersingkir, seperti Amri Darwis (Bupati Limapuluh Kota), Muslim Kasim (Bupati Padangpariaman), Surya Budi dan Ki Jal Atri Tanjung.

Sembilan Kandidat

Dari 14 kandidat mendaftar per 16 Maret lalu, sembilan kandidat lolos ikut verifikasi tahap II versi KPMB.

Di antaranya, Asril Hamzah Tanjung, Is Anwar Dt Rajo Perak, Aristo Munandar, dan Puti Reno Oesman (kandidat Cagub).

Sedang kandidat Cawagub, Asnawi Bahar, Mohd Tonas, Sultani Wirman, Indra Jaya dan Aristo Munandar.

"Rencananya, ke sembilan nama ini diciutkan menjadi satu pasang dan diumumkan 26 Maret," katanya.

KPMB merupakan koalisi 23 partai politik non parlemen yang terdiri dari 22 partai non parlemen dan satu partai pemilik kursi di DPRD Sumbar, dengan total suara sah sebanyak 17,34 persen di pemilu legislatif 2009.

Pilkada Gubernur Sumbar digelar pada 30 Juni mendatang, pelaksanaannya dilakukan serentak dengan 13 pemilihan Kepala Daerah (Bupati/Walikota) di sana.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010