Dubes baru AS serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi

Dubes baru AS serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim (kiri) menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/10/2020). (Handout Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Amerika Serikat dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat, dan saya menantikan masa depan dengan lebih banyak lagi kemajuan. Saya berharap untuk dapat bekerja demi kebaikan masyarakat Indonesia dan Amerika, dan mengenal negara yang indah ini
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar baru Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Kim menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

"Amerika Serikat dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat, dan saya menantikan masa depan dengan lebih banyak lagi kemajuan. Saya berharap untuk dapat bekerja demi kebaikan masyarakat Indonesia dan Amerika, dan mengenal negara yang indah ini," ujar Kim seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Kedubes AS.

Dubes Kim tiba di Jakarta pada 4 Oktober 2020 dan telah merampungkan karantina selama 14 hari.

Duta Besar Sung Kim dinominasikan sebagai duta besar AS untuk RI pada 16 Oktober 2019 dan dikonfirmasi oleh semua anggota Senat pada 6 Agustus 2020.

Kim sebelumnya menjabat sebagai dubes AS untuk Republik Filipina dari November 2016 hingga Oktober 2020 dan pernah menjabat sebagai dubes AS untuk Republik Korea pada 2011-2014.

Diantara waktu menduduki kedua posisi dubes tersebut, Kim menjabat sebagai Perwakilan Khusus untuk Kebijakan Korea Utara di Washington DC.

Sebelumnya, Dubes Kim memegang posisi sebagai Utusan Khusus Perundingan Enam Negara, dengan tingkatan setara duta besar. Ia juga pernah berdinas di Tokyo, Kuala Lumpur, dan Hong Kong.

Sebelum bergabung dengan Dinas Luar Negeri, Dubes Kim bekerja sebagai seorang jaksa di Los Angeles, California.

Kim dilahirkan di Seoul, Korea Selatan, dan besar di Los Angeles. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di University of Pennsylvania dan jenjang S2 bidang hukum di Loyola University.

Dia juga memiliki gelar Magister Hukum dari London School of Economics dan gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea.

Dubes Kim dan istrinya dikaruniai dua orang anak perempuan.

Baca juga: Wamenlu terangkan sejumlah isu dalam UU Ciptaker pada pelaku usaha AS
Baca juga: Indonesia harapkan AS bantu ASEAN bangun ketahanan kesehatan kawasan
Baca juga: AS-Indonesia tandatangani kerja sama perkuat pembiayaan infrastruktur


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemitraan ASEAN dan Amerika Serikat jadi kekuatan bagi perdamaian dan kemakmuran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar