Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim mengatakan bahwa pembukaan kantor baru Boeing di Jakarta menunjukkan kemitraan yang kuat antara AS dan Indonesia.

"Merupakan suatu kehormatan untuk merayakan peresmian kantor baru Boeing di Indonesia. Peristiwa ini menandakan tonggak penting bagi Boeing dan menggarisbawahi kekuatan tangguh kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia," ujar  Sung Kim, seperti disampaikan dalam keterangan Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Kim dalam pidatonya pada upacara pembukaan kantor perusahaan AS Boeing, yang baru-baru ini menyelesaikan investasi besar sebagai bagian dari komitmennya untuk memperluas hubungan komersial dengan Indonesia.

Menurut  Kim, pendirian dan perluasan kehadiran Boeing di Indonesia menunjukkan bahwa kolaborasi dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

"Dengan meresmikan kantor ini, Boeing tidak hanya berinvestasi pada masa depannya sendiri, tetapi juga berinvestasi pada masa depan Indonesia," katanya.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa Indonesia berada di posisi yang sesuai untuk mendapatkan keuntungan dari pesawat yang diproduksi Boeing.

"Komitmen Boeing terhadap keselamatan, teknologi, dan kelestarian lingkungan hidup selaras dengan tujuan Indonesia untuk masa depan yang berkelanjutan," ucap Kim.

Kantor baru Boeing di Kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta, yang mempekerjakan puluhan staf baru, juga menjadi kantor pusat regional untuk Boeing Engineering Global Support Center yang menyediakan dukungan teknis untuk pelanggan di seluruh Asia Tenggara.

Boeing telah berada di Indonesia selama lebih dari 74 tahun, yakni dimulai sejak 1949 ketika Garuda Indonesia memulai operasinya dengan menerbangkan pesawat angkut khusus Douglas DC-3.

Baca juga: INACA-Boeing kolaborasi majukan penerbangan di Indonesia
Baca juga: Indonesia dan Boeing teken MoU pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX
Baca juga: Boeing-AirNav bermitra jajaki peningkatan manajemen lalu lintas udara

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023