Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono meminta penyelenggaraan kongres II Partai Demokrat di Bandung Mei mendatang terselenggara secara tertib, lancar, dan kondusif, kata mantan Sekjen DPP Partai Demokrat Marzuki Alie

"Tunjukkan Partai Demokrat sebagai partai besar dengan pelaksaan kongres yang tertib, lancar, dan kondusif," kata Ketua DPR ini kepada pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat, mengutip pernyataan Yudhoyono.

Marzuki mengatakan, Yudhoyono memberikan arahan agar jangan sampai terjadi kompetisi yang tidak sehat antar kandidat ketua umum.

Menurutnya, Yudhoyono juga meminta seluruh kader yang akan maju sebagai kandidat ketua umum memiliki etika dan kesantunan dalam menyampaikan visi, misi, dan programnya.

"Jangan sampai sesama kandidat saling menyudutkan. Itu tidak etis dan akan merusak kesatuan partai," katanya.

Dia mengungkapkan, Yudhoyono juga meminta siapapun yang nanti terpilih menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat bisa bersikap bijaksana dengan merangkul seluruh kandidat lainnya untuk menjaga kesatuan dan keutuhan partai.

"Pak Yudhoyono meminta setelah kongres berakhir maka seluruh kader kembali pada kondisi semula sebagai satu kesatuan yang utuh dalam wadah Partai Demokrat," katanya.

Marzuki menambahkan, sebagai kader yang baik dia akan mengikuti semua arahan dan permintaan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, termasuk permintaan deklarasi setelah penyelenggaraan rapat koordinasi nasional (Rakornas) di Arena Pekan Raya Jakarta, Sabtu dan Minggu (27-28/3).

Menurutnya, Rakornas akan membahas berbagai persiapan kongres termasuk persyaratan calon ketua yang dibuat panitia pengarah dalam draf tata tertib.

"Saya belum tahu persyaratannya apa saja, tapi arahan dari ketua dewan pembina persyaratan tersebut jangan sampai mengganjal kader yang akan tampil," katanya.

Marzuki mengutarakan maksudnya, seusai penyelenggaraan Rakornas, jika memang seluruh persyaratan cocok, dia akan maju sebagai kandidat ketua umum.

Kongres Partai Demokrat akan berlangsung di Bandung, Mei 2010, dan sudah empat nama disebut-sebut bakal maju menjadi calon ketua umum Partai Demokrat yang baru, yaitu Andi Mallarangen (Ketua DPP PD/Menteri Negara Pemuda dan Olahraga), Anas Urbaningrum (Ketua DPP PD/Ketua Fraksi PD DPR RI), Agus Hermanto (Ketua DPP PD/Anggota DPR RI), dan Marzuki Alie (mantan Sekjen DPP PD/Ketua DPR RI). (*)

R024/U002/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010