Yogyakarta (ANTARA News) - Islamic Development Bank (IDB) berkomitmen membantu pemerintah Indonesia dalam pengembangan pendidikan, khususnya pendidikan Islam, kata Vice President IDB, Birama B Sidibe.

"Bantuan yang diberikan di antaranya dalam pembangunan infrastruktur perguruan tinggi Islam, salah satunya di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dimulai sejak 2004," katanya di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia saat berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga, IDB juga telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dalam pengembangan pendidikan.

"IDB memberikan bantuan dalam pengembangan pendidikan, karena pendidikan adalah yang paling utama dan harus diutamakan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," katanya.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Amin Abdullah mengatakan kemajuan UIN Sunan Kalijaga terbantu berkat jalinan kerja sama dengan IDB. Bank tersebut membantu pembangunan infrastruktur yang membuat UIN Sunan Kalijaga semakin percaya diri.

"Selain itu, IDB juga telah mentransformasikan akademik dan manajemen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menuju UIN, sehingga UIN Sunan Kalijaga menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang manajemennya bersertifikat," katanya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama, Machasin mengatakan seluruh UIN yang ada di Indonesia tidak terlepas dari campur tangan IDB dalam pengembangan pendidikan.

Menurut dia, selain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, juga UIN Jakarta, Malang, dan Riau. Saat ini juga sedang berjalan pembangunan UIN Makassar dan UIN Bandung.

"Selain itu, juga ada lima IAIN yang sedang mengajukan bantuan kepada IDB, yakni IAIN Surabaya, Semarang, Medan, Mataram dan Jambi. Kami berharap bantuan IDB bisa merata di seluruh Indonesia," katanya.

(U.B015/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010