Tokyo (ANTARA News/Kyodo-OANA) - Hwang Jang Yop, seorang mantan penjabat tinggi Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan pada 1997, memutuskan akan berkunjung ke Jepang pada pekan kedua April, menurut beberapa sumber pemerintah Sabtu.

Hwang adalah bekas sekretaris Partai Buruh Korea dan pembantu dekat pemimpin Korea Utara Kim Jong Il.

Selama berada di Jepang, atas prakarsa Horoshi Nakai, menteri yang membidangi kasus-kasus penculikan, Hwang akan bertemu dengan para anggota Diet (parlemen Jepang), di samping keluarga-keluarga yang diculik, menurut sumber-sumber tersebut.

Meskipun demikian, terjadi beberapa perkembangan besar dalam kasus penculikan yang tak diperkirakan kata Hwang.

Dia mengatakan tidak terlibat dalam kasus penculikan sejumlah warga Jepang oleh Korea Utara beberapa puluh tahun lalu.

Sementara pemerintah masih dalam keadaan cemas, bahwa kunjungannya ke Jepang itu mungkin akan memperburuk hubungan bilateral dengan Korea Utara, dan mengurangi harapan dilanjutkannya lebih cepat perundingan enam negara tentang nuklir yang terhenti dengan Pyongyang.

Dengan keadaan seperti itu, Nakai diperkirakan akan menunggu keputusan Perdana Menteri Yukio Hatoyama pada awal pekan depan, menurut sumber-sumber.

Rencana kunjungan Hwang akan dilakukan setelah dia berkunjung ke Amerika Serikat pada awal April, atas undangan satu organisasi swasta.
(T.H-AK/H-RN/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010