Moskow (ANTARA/Itar-Tass-OANA) - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Ahad bertolak ke Kanada untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri G-8 dan pertemuan kedua `Arctic Five` yang akan diselenggarakan 29-30 Maret.

Konferensi menteri-menteri luar negeri negara pantai Laut Antartika (Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Denmark dan Norwegia) itu akan diadakan di sebuah kota kecil Chelsea, utara Ottawa, pada 29 Maret.

Para menteri akan membahas berbagai persoalan benua mereka, perubahan iklim, pelestarian sistem ekologi Kutub Utara yang rawan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Andrei Nesterenko.

Dia mengatakan, bahwa Moskow berharap bahwa pertemuan itu akan berlanjut dengan membahas prakarsa Rusia mengenai bagaimana memperluas kerjasama di Antartika.

Pada Senin malam, menteri luar negeri Rusia akan mengadakan beberapa pertemuan bilateral dan akan ikut ambil bagian dalam acara-acara ptotokol, yang secara tradisional mengawali konferensi tingkat tinggi (KTT) G-8.

Pembahasan-pembahasan utama dalam kerangka kerja forum, yang memainkan peranan penting dalam mekanisme mencari solusi secara kolektif bagi persoalan-persoalan politik terpenting, akan dilakukan pada 30 Maret.
(T.H-AK/H-RN/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010