Palembang (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Persatuan Boling Indonesia (PBI) Sumatra Selatan (Sumsel) optimistis dapat meraih dua medali emas pada PON XVIII tahun 2012 di Riau.

"Kami telah memiliki hitung-hitungan mengenai kans Sumsel di PON ke-18 Riau mendatang. Dengan materi atlet yang ada, kami yakin dapat meraih setidaknya dua medali emas," kata Sekretaris Umum PBI Sumsel, Benbenk, di Palembang, Minggu.

Menyinggung pada PON sebelumnya Sumsel hanya meraih satu perunggu dari peboling putrinya, Elsa, dia mengatakan,"Ya, memang terkesan muluk. Tapi materi atlet yang akan diturunkan di PON XVIII mendatang sangat jauh berbeda. Selain tetap mengandalkan Elsa, kami juga berhasil mendapatkan atlet nasional yang mau bergabung."

Sementara ini, kata dia, Sumsel berhasil mendatangkan Jansen, atlet pelatnas SEA Games 2005 asal DKI Jakarta.

"Jansen mau pindah ke Sumsel atas keinginan sendiri, dan saat ini dia sudah masuk program pembinaan atlet andalan KONI Sumsel, yakni program `Sumsel Bangkit`," katanya.

Pada PON ke-18 di Riau mendatang, Sumsel memasang target tiga besar. Target ini diyakini dapat tercapai dengan mengoptimalkan kekuatan dari putra-putri daerah, dan atlet rekrutan baru dari provinsi lain yang menjadi andalan Sumsel.

"Materi atlet yang kami punyai saat ini sudah banyak yang berbicara di ajang nasional. Menjelang dua tahun PON, kami yakin dapat dimanfaatkan maksimal oleh atlet untuk meningkatkan kemampuan mereka masing-masing," ujarnya. (U005*B014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010