Jakarta (ANTARA) - Takaaki Nakagami mendapat lecutan semangat setelah memperpanjang kontraknya dengan Honda dan melesat menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua Grand Prix Teruel, Jumat.

Nakagami nyaris satu detik lebih cepat dari catatan waktunya di FP1 ketika mencetak satu menit 47,782 detik di sesi 45 menit kedua hari itu.

Di seri kedua balapan di Sirkuit Aragon tersebut, rekan satu tim sang pebalap Jepang, Cal Crutchlow nyaris membawa tim LCR Honda finis 1-2 namun tergeser ke peringkat tiga oleh serangan pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales di lap terakhir.

Baca juga: MotoGP Teruel: Siapa muncul sebagai juara baru?

Baca juga: Indonesia bakal punya tim di MotoGP tahun depan, diresmikan 28 Oktober

Hampir semua pebalap memperbaiki catatan waktunya di sesi latihan kedua.

Demikian pula Fabio Quartararo. Setelah finis P17 di FP1, pebalap Prancis itu mendongkrak posisinya ke peringkat empat mengungguli rival utamanya di klasemen Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar yang terpaut 0,018 detik di peringkat lima, demikian laman resmi MotoGP.

Alex Marquez yang memuncaki FP1 gagal tampil lebih cepat namun catatan waktunya di sesi pembuka cukup membuat runner-up GP Aragon itu di peringkat enam catatan waktu kombinasi dua latihan.

Alex Rins membawa motor Suzuki kedua di P7 di saat rookie Iker Lecuona menjadi pebalap KTM tercepat di P8.

Aleix Espargaro dari tim Aprilia dan sang adik Pol Espargaro dari tim KTM Factory Racing mengakan dua slot terakhir di peringkat sepuluh besar untuk sementara mendapat tiket lolos langsung ke Q2.

Baca juga: Alex Marquez tegaskan kecepatannya di FP1 MotoGP Teruel

Baca juga: Joan Mir bawa Suzuki di puncak klasemen lagi setelah 20 tahun


Sementara itu, mimpi buruk bagi Ducati berlanjut di Aragon ketika semua motor Desmosedici mereka finis di luar peringkat 12 besar.

Andrea Dovizioso hanya mampu finis P19 secara keseluruhan, terpaut 1,4 detik dari Nakagami.

Dovi dan para pebalap Ducati lainnya tinggal memiliki kesempatan di FP3 untuk merebut tiket otomatis ke Q2.

Valentino Rossi melewatkan balapan kedua di Aragon akhir pekan ini setelah pekan lalu kedapatan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi.

Baca juga: Tim MotoGP Indonesia juga bakal rintis akademi pebalap

Baca juga: Rins tahan gempuran Marquez untuk juarai GP Aragon

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020