Malang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan, untuk meningkatkan prestasi sepak bola nasional, dirinya berniat menggelar Piala Presiden dan dijadikan sebagai ajang tahunan.

"Selain liga yang sudah ada, saya ingin menyelenggarakan Piala Presiden agar persepakbolaan di tanah air ini prestasinya bisa meningkat dan saya juga ingin menyaksikan setiap final Piala Presiden tersebut," tegas Presiden dalam sambutan pembukaan Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) di GOR Ken Arok Malang, Selasa.

Menurut Kepala Negara, Piala Presiden itu nantinya harus dikemas lebih menarik agar gaungnya tidak kalah dengan liga-liga yang sudah berlangsung lama seperti Liga Super Indonesia (LSI) atau pertandingan sepak bola antarklub lainnya.

Menurut Presiden, Indonesia memiliki talenta dengan jumlah penduduk sangat besar sehingga tidak ada alasan sama sekali Indonesia tidak menjadi pemain dan tim yang kuat.

"Kita sudah memiliki modal yang bagus, suporter dan semangat yang kuat. Modal bagus ini jangan disia-siakan, sebab tidak mustahil ke depan kita akan menjadi `Macan Asia`," tegasnya.

Dengan modal semangat dan talenta yang bagus tersebut, Presiden yakin persepakbolaan nasional bisa bangkit dan akan berjaya kembali di pentas Asia dan dunia.

Menyinggung KSN yang digelar selama dua hari (30-31/3) di Malang tersebut, Presiden SBY berharap ada rekomendasi-rekomendasi dan pemerintah akan merespon dengan baik.

Sementara itu Ketua Umum KSN Agum Gumelar mengatakan, KSN yang diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai latar belakang itu diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan pokok persepakbolaan nasional.
(E009/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010