Pekanbaru (ANTARA News) - Akhir bulan tampaknya menjadi waktu yang tepat bagi banyak warga Pekanbaru untuk menjual perhiasan emasnya walaupun dalam sepekan terakhi ini harga emas cenderung turun, demikian sejumlah pedagang emas di di Pekanbaru, Rabu.

"Dalam sepekan ini banyak warga yang datang ke toko bukan untuk membeli tetapi menjual emas mereka. Maklum saja akhir bulan, padahal harga emas sekarang ini sedang turun," ungkap Kemal (32), pedagang emas di Pasar Sukaramai.

Kamal mengakui, meski harga emas turun sampai empat kali dan bergerak tidak menentu dalan sepekan ini, para pedagang lebih sering membeli emas ketimbang menjual.

"Kami lebih banyak membeli daripada jual karena banyak warga yang datang untuk jual emasnya," ungkap Kemal.

Pernyataan serupa disampaikan Jo (46), pedagang emas Pasar Pusat, yang berkata, "Setiap akhir bulan memang selalu lebih banyak orang menjual dari pada membeli, mungkin sangat butuh uang dan belum gajian."

Saat ini harga emas Rp810.000 per satu emas atau Rp320.000 per gram. Satu emas adalah takaran untuk emas murni 24 karat sedang gram biasanya dipakai untuk takaran emas 22 karat atau 23 karat.

"Harga emas itu bukan kami yang menetapkannya tetapi tergantung pada harga pasaran dunia, jika harga selalu berubah, bisa jadi perekonomian sedang tidak stabil," kata Jo.(*)

E010/A011/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010