London (ANTARA News) - Inggris Selasa mengatakan negara itu akan mundur dari Uni Eropa Barat (WEU), dengan mengatakan organisasi pertahanan Eropa itu tidak lagi memiliki peran untuk dimainkan bagi keamanan benua tersebut.

WEU dibentuk menurut perjanjian Brussels, perjanjian pertahanan bersama yang ditandatangani oleh Inggris, Prancis, Belgia, Luksemburg dan Belanda pada 1948 sebagai tanggapan terhadap tindakan Soviet untuk menerapkan pengawasan atas Eropa tengah, menurut situs Internetnya.

Namun organisasi itu, yang sekarang memiliki 10 negara anggota dan enam anggota luar biasa, secara efektif telah digantikan oleh Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan oleh Uni Eropa, yang meluncurkan kebijakan keamanan dan pertahanannya pada 1999.

"Jelas bahwa Uni Eropa Barat tidak lagi relevan dengan arsitektur keamanan Eropa sekarang ini," kata menteri muda Kementerian Luar Negeri Chris Bryant dalam pernyataan pada parlemen.

Biaya keanggotaan Inggris, lebih dari 2 juta euro (2,70 juta dolar) setahun, tidak dibenarkan, ujarnya.

"Karena alasan itu, Inggris bermaksud untuk menarik diri dari Uni Eropa Barat," jelasnya, dan menambahkan bahwa Inggris akan menjalani periode pemberitahuan selama setahun sebelum mundur.

Menurut dia, Inggris telah berbicara dengan negara anggota WEU lainnya, banyak dari mereka percaya kinilah waktunya untuk memperbarui sama sekali atau untuk menutup organisasi itu.

Inggris merupakan salah satu kekuatan pertahanan penting di Eropa. Tapi defisit anggaran yang sangat besar telah memaksanya untuk mengurangi pengeluaran.

Keputusan untuk meninggalkan WEU itu terjadi beberapa pekan sebelum pemilihan nasional yang diperkirakan akan didominasi oleh masalah bagaimana mengekang defisit itu.

Reuters/S008/H-AK

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010