Istanbul (ANTARA News) - PM Tayyip Erdogan minta pada Kanselir Jerman Angela Merkel yang berkunjung, Selasa, untuk membantu Turki jika upayanya untuk mendapatkan keanggotaan Uni Eropa menjadi macet, sebagian besar mungkin karena perselisihan dengan Siprus.

Merkel menyatakan, pembicaraan Turki untuk masuk blok 27 negara itu tak terbatas, tapi menasehati agar Turki memilih "kemitraan dengan hak-hak istimewa" dengan Uni Eropa.

Turki bersikeras bahwa negara itu tidak ingin kurang dari keanggotaan penuh, dan telah difrustasikan oleh kemajuan upayanya yang lambat. Rintangan terbesar yang Turki hadapi adalah berkaitan dengan peselisihan dengan Siprus.

Turki telah membuka 12 dari 35 bidang yang dirundingkan, yang mencakup berbagai bidang kebijakan yang berbeda, sejak memulai pembicaraan resmi masuk keanggotaan pada 2005. Tapi 18 bidang telah diblokir, sebagian besar karena Siprus.

Ketika menghadiri pertemuan para pemimpin usaha Turki dan Jerman dengan Merkel, Erdogan membicarakan mengenai bahaya kebuntuan itu jika Turki menyelesaikan bidang lainnya pada akhir tahun ini.

"Apa yang akan terjadi nanti?," kata Erdogan, menyampaikan pertanyaan apakah bidang yang tersisa dapat direvisi atau apakah Uni Eropa akan mengambil keputusan baru mengenai masalah itu. "Kami akan mengharapkan banyak dari Jerman pada waktu itu," kata Erdogan.

Pembicaraan masih ditangguhkan dalam delapan bidang yang dibekukan oleh EU pada 2006 karena kegagalan Turki untuk memenuhi perjanjian 2005 -- yang dikenal sebagai Protokol Ankara -- untuk membuka bandara dan pelabuhannya bagi Siprus.

Turki ingin Uni Eropa pertama-tama mengakhiri pengucilannya atas masyarakat Siprus Turki yang tinggal di bagian utara pulau yang terbagi itu, dan mengharapkan pembicaraan reunifikasi Siprus akan membuahkan hasil.

Masyarakat Siprus Turki pada 1983 mengumumkan sebuah negara terpisah, yang hanya diakui oleh Turki.

Para pejabat Turki sekarang khawatir bahwa jika Presiden Siprus Turki Mehmet Ali Talat kalah dalam pemilihan bulan depan, pembicaraan reunifikasi akan menderita kemunduran dan upaya Turki untuk mendapatkan keanggotaan Eropa akan menghadapi rintangan.

Merkel, pada hari kedua dan terakhir dari kunjungannya ke Turki, menyatakan Protokol Ankara ditujukan untuk membuat kemajuan.

"Kita akan maju secara pragmatis. Maju secara pragmatis berarti meneruskan proses pembicaraan. Kita telah membicarakan bahwa Protokol Ankara mungkin pada saat ini merupakan rintangan sangat besar," katanya. "Itu alasannya beberapa bidang tidak dibuka."

Selain bidang yang ditangguhkan oleh EU, Siprus telah merintangi enam bidang lagi, sementara Prancis merintangi empat bidang ekonomi.

Keanggotaan Turki merupakan masalah yang memecah-belah di Eropa. Beberapa pengkritik menyatakan perbedaan kultural dengan negara yang dominan Muslim itu akan merintagi integrasi.

Turki juga harus memperkenalkan pembaruan politik dan ekonomi serta meningkatkan catatan hak asasi manusianya.

Reuters/S008/H-AK

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010