Malang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengingatkan semua pihak yang berkepentingan agar menjalankan tujuh rekomendasi hasil Kongres Sepak Bola Nasional (KSN) di Malang, Jawa Timur.

"Hasil rekomendasi KSN Malang ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak untuk menjalankannya," kata Andi usai menutup KSN di Malang, Rabu siang.

Menurut dia, pemerintah akan melaksanakan apa yang dirumuskan dalam upaya meningkatkan prestasi sepak bola Tanah Air, termasuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur persepakbolaan serta pendanaan.

Komisi C bidang pendanaan mengeluarkan rekomendasi berupa usulan pendanaan persepakbolaan diambil 3 persen dari APBN.

Sementara satu dari tujuh rekomendasi Malang menyebutkan pemerintah menyediakan anggaran dari APBN dan APBD untuk mendukung dan menunjang target dan pencapaian sasaran untuk menuju prestasi (karena dana APBD masih diperlukan untuk stimulan).

Dalam kesempatan itu, Menpora bangga dengan semangat para peserta KSN untuk memajukan sepak bola Tanah Air walaupun ada perbedaan pendapat.

Dalam penetapan hasil KSN ini sempat terjadi perdebatan soal rumusan rekomendasi poin kedelapan soal pembentukan Dewan Sepak Bola Nasional. Pihak PSSI menentang dibentuknya badan itu melalui Nurdin dan sejumlah pejabat teras PSSI.

Akhirnya, Ketua KSN Agum Gumelar memutuskan menghapus poin kedelapan ini. KSN sendiri menghasilkan tujuh rekomendasi.

Langkah nyata perlu dilaksanakan semua pihak baik PSSI, KONI, pemerintah, PWI dan masyarakat sesuai keinginan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar Indonesia menjadi Macan Asia Tenggara, Asia dan Dunia.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010