Pengamanan libur panjang secara persuasif dan humanis
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 749 personel untuk mengamankan libur panjang cuti bersama bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, di sejumlah lokasi, baik itu jalan tol, jalan raya maupun objek wisata.

"Minggu ini mulai Rabu sampai Minggu ada libur panjang, cuti bersama, libur Maulid Nabi, untuk itu kami melaksanakan kegiatan pengamanan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo, usai Gelar Pasukan Operasi Zebra 2020, di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin.

Sambodo menyebutkan ada 16 pos pengamanan disiapkan untuk pengamanan libur panjang cuti bersama di wilayah DKI Jakarta.

Pengamanan dilakukan di jalur keluar kota arah Jagorawi maupun ke arah Tangerang, serta tempat-tempat wisata.

"Katanya PSBB transisi tempat wisata sudah dibuka, kita lakukan pengamanan dengan melibatkan 749 personel," kata Sambodo.

Sambodo memperkirakan puncak arus lalu lintas keberangkatan libur panjang terjadi mulai Selasa (27/10) dan arus kembali pada Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11).

Sambodo mengingatkan anggotanya yang lakukan pengamanan libur panjang dengan mengedepankan cara humanis dan persuasif.

"Pengamanan libur panjang secara persuasif dan humanis. Sehingga semua tugas-tugas dapat dilaksanakan dan ikatan kepercayaan masyarakat kepada Polisi tidak ternoda dengan kegiatan yang melukai hati masyarakat," kata Sambodo.

Sambodo juga mengajak masyarakat untuk mematuhi dan tertib lalu lintas karena libur panjang bersamaan dengan Operasi Zebra 2020 yang berlangsung selama 14 hari dari tanggal 26 Oktober-8 November 2020.

Sementara itu, Operasi Zebra 2020 fokus menyasar lima pelanggaran tematik yang sering terjadi di wilayah Polda Metro Jaya.

Kelima pelanggaran tematik tersebut, yakni melawan arus, tidak memakai helm, stop line/marka jalan, strobo dan rotator dan melintas di bahu jalan tol.

Baca juga: Operasi Zebra 2020 juga fokus penindakan protokol kesehatan
Baca juga: Ini lima fokus pelanggaran tematik Operasi Zebra 2020


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020