Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek padat dengan antrian 5 km hingga 10 km, sehari menjelang libur panjang akhir pekan dan Paskah.

"Hingga pukul 13:00 WIB, kepadatan terjadi di beberapa titik diantaranya, KM 25.500 menjelang pintu tol Cikarang, dan pintu tol Pondok Gede Jatibening," ujar petugas sentral komunikasi Jasa Marga, Chairul Efendi, di Bekasi, Kamis.

Menurut Chairul, mayoritas kendaraan pada musim libur kali ini melaju ke arah timur tol Jakarta-Cikampek, seperti Bandung dan Jawa Tengah dengan didominasi jenis kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Penambahan kendaraan diperkirakan mencapai 3.500 unit kendaraan per jam, sehingga situasi arus kendaraan pada merayap dengan kecepatan rata-rata mencapai 0 hingga 40 KM/jam.

"Selain terjadi peningkatan kendaraan, kepadatan di lajur satu KM 25.500 juga disebabkan oleh faktor gangguan kendaraan jenis trailer yang mengalami pecah ban sehingga terjadi kepadatan sepanjang 10 kilo meter," katanya.

Sementara, kepadatan di sekitar pintu tol Cikarang-Cibitung disebabkan adanya proyek pelebaran jalan oleh pihak PT. Jasamarga tepatnya di KM 24 hingga 31.

"Bahu jalan di sekitar lokasi pengerjaan terpaksa kami tutup sementara, sehingga terjadi penyempitan arus lalu lintas," katanya.

Puncak kepadatan libur Paskah tahun ini, kata dia, diperkirakan akan mulai berlangsung pada hari Jumat (2/4) besok mulai pukul 06:00 WIB hingga menjelang tengah malam.

"Pengendara kami imbau untuk memperhatikan situasi kepadatan sebelum melakukan perjalanan agar bisa tiba di lokasi tujuan dengan selamat dan tepat waktu," katanya.

(T.KR-AFR/M027/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010