Padang (ANTARA News) - Warga Indonesia di Brunei Darussalam menyiapkan celengan (tabungan) bantuan bencana, untuk antisipasi kerawanan bencana alam di tanah air.

Sekretaris Umum Persatuan Masyarakat Indonesia (Permai) Brunei, Efri Yoni Baikoeni dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Padang, Kamis, menyebutkan, pihaknya kini telah membagikan 200 celengan yang dibagikan kepada warga Indonesia yang merantau di negeri kaya tersebut.

Warga Indonesia secara pribadi maupun kelompok diharapkan mengisi celengan tersebut dengan amal jariah dan dikumpulkan secara berkala kepada pengurus yang dibentuk Permai Indonesia.

Tabungan untuk bencana alam di tanah air ini, merupakan salah satu kegiatan kemanusiaan Permai Brunei melalui program Semesta Siaga Gempa dan Bencana (SSGB), katanya.

Ia menjelaskan, program ini dibuat Permai Indonesia untuk menyikapi dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di Indonesia di kemudian hari.

Antisipasi ini dilakukan, mengingat tanah air di Indoonesia merupakan wilayah yang berada pada kawasan "ring of fire" (berpotensi mengalami bencana, red) khususnya gempa bumi.

Sebelumnya, Permai Brunei telah menyalurkan bantuan kemanusiaan senilai tiga ribu dolar Brunei bagi para korban gempa di Indonesia khususnya di Sumatra Barat (Sumbar) dan Jawa Barat (Jabar) yang terjadi 2009.

Ia mengatakan, bantuan itu diserahkan Permai Brunei melalui majlis taklim "Zanjabil" oleh Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Hendriyo Kusumo Priyo selaku pelindung Permai didampingi Ketua Permai Agus S Djamil di Wisma Duta Indonesia, Bandar Seribegawan.

Bantuan masing-masing diterima Pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Brunei, Hanafi Rustam sebanyak 1.500 dolar Brunei dan 1.500 dolar Brunei diterima Ketua Ikatan Masyarakat Sunda "Ronce", Dr Ghozali Moekti.

Menurut Efri, penggalangan sumbangan dana kemanusiaan ini dilakukan Permai Brunei melalui kegiatan pertandingan tenis lapangan persahabatan antara tim Permai dengan tim BS Begawan dan team KB SERIA, yang dilaksanakan di kompleks tenis Shell-Seria.

Terkait bantuan ini, pengurus IKM Brunei, Hanafi Rustam mengatakan, bantuan sebesar 1.500 dolar Brunei yang diterima pihaknya telah dikirim pada 29 Maret 2010 ke Sumbar.
(T.H014/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010