Bengkulu (ANTARA News) - Getaran gempa tektonik yang mengguncang Mentawai, Sumbar berkekuatan 5,3 Skala Richter pukul 05.33 WIB, dirasakan warga Kabupaten Muko Muko, Bengkulu.

Gempa tidak berpotensi tsunami itu, membuat masyarakat Muko Muko berhamburan ke luar rumah, namun setelah getaran mereda, mereka kembali ke rumah masing-masing, kata Subagio, warga Desa Penarik, Muko Muko, Minggu.

"Kami di Muko Muko tetap cemas kalau ada guncangan gempa, karena masih trauma dengan gempa tahun 2007 lalu," katanya yang mengaku korban gempa 7,9 SR itu.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisikan (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Fahmiza mengatakan, gempa Sumbar itu terjadi akibat pergeseran lempeng Mentawai.

Lempeng Mentawai sangat dekat dengan Kabupaten Muko Muko, sehingga apabila ada getaran sangat terasa di wilayah itu, ujar Fahmiza.

Gempa Mentawai 5,3 SR itu berada pada episentrum 2.06 Lintang Selatan (LS) dan 100.25 Bujur Timur (BT), psatnya sekitar 68 Km Timur laut Sipura Mentawai dengan kedalaman 23 Km.

Z005/AR09





Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010