Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada pelaku perbankan di Indonesia yang nantinya menjadi agen utama percepatan pembangunan ekonomi Indonesia selama dan pascapandemi Covid- 19.
Jakarta (ANTARA) - Iconomics mengeluarkan daftar 50 bank yang masuk dalam Iconomics Top Bank Award 2020, dalam kondisi perbankan yang sedang menghadapi tantangan yang besar saat ini.

Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya mengapresiasi bank-bank terbaik di Indonesia yang mampu menunjukkan ketahanan fundamental dalam menghadapi tantangan di era pandemi yang terjadi saat ini.

"Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada pelaku perbankan di Indonesia yang nantinya menjadi agen utama percepatan pembangunan ekonomi Indonesia selama dan pascapandemi Covid- 19," katanya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: BNI catat layanan digital dimanfaatkan 22,6 juta warga

Dalam proses pemilihan Iconomics Top Bank Awards 2020, tim Iconomics melakukan penilaian dengan mengadopsi penilaian bank sesuai Peraturan OJK No. 4/POJK.03/2016 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Penilaian Tingkat Kesehatan Bank (TKB) adalah hasil penilaian kondisi bank yang dilakukan terhadap risiko dan kinerja bank

Pada tahap pertama, tim Iconomics melakukan pendataan terhadap 110 bank yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penilaian dilakukan berdasarkan data kinerja keuangan perbankan terpublikasi baik yang tersedia di situs OJK, situs masing-masing bank serta sumber lain yang dapat dipercaya.

Pada tahap ini Iconomics melakukan seleksi awal dari capaian dan analisa kinerja keuangan bank berdasarkan indikator profitabilitas, kualitas aset, likuiditas, efisiensi dan permodalan selama 5 tahun terakhir.

Baca juga: BI dukung RI jadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia

Pada tahap kedua dilakukan analisa lanjutan untuk mendapatkan peringkat bank terbaik dengan melakukan penilaian dan pembobotan berdasarkan kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU).

Pada tahap ketiga hasil penilaian bank dibahas oleh tim untuk ditetapkan sebagai Top 50 Bank 2020. Bank terbaik dikelompokkan berdasarkan nilai akhir yang dikelompokkan dalam kategori Platinum, Gold, Silver dan Bronze.

Ke 50 bank yang masuk dalam Iconomics Top Award 2020 terdapat bank BUMN, bank swasta, bank pembangunan daerah maupun bank syariah.

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020