Washington (ANTARA News/AFP) - Penjualan "pending home" (rumah yang pengurusannya belum selesai) di Amerika Serikat melonjak 8,2 persen pada Februari, menunjukkan pasar perumahan yang bermasalah dapat memperoleh dorongan lain dari pajak kredit sementara, sebuah kelompok industri mengatakan Senin.

National Association of Realtors (NAR) mengatakan indeks penjualan pending home naik menjadi 97,6 dari data revisi turun 90,2 pada Januari.

"Penjualan pending home meningkat pada Februari, sinyal potensial lonjakan kedua penjualan rumah dalam menanggapi kredit pajak pembeli rumah," kata NAR dalam sebuah pernyataan.

Indikator pandangan ke depan mencerminkan penandatanganan kontrak untuk membeli rumah tetapi bukan finalisasi dari mereka, yang biasanya terjadi dengan jeda waktu sampai sampai dua bulan.

Secara tahunan, penjualan pending home adalah 17,3 persen lebih tinggi daripada Februari 2009, ketika indeks berdiri di 83,2.

Yun mengatakan ada tanda-tanda peningkatan kegiatan dalam beberapa pekan terakhir dengan terus-menerus menawarkan beberapa laporan di banyak pasar yang memberikan kesan data Maret bisa menunjukkan peningkatan tambahan dari para pembeli menanggapi kredit pajak.

Program pemerintah AS yang ditujukan untuk menghidupkan kembali sektor perumahan yang hampir mati adalah menawarkan kredit pajak untuk pembeli rumah pertama kali dan pembeli rumah berulang tertentu yang berakhir pada 30 April.

Kenaikan kuat pada Februari, ketika penjualan rumah merosot di tengah badai musim dingin yang parah, mengejutkan sebagian besar analis. Konsensus memproyeksikan indeks tetap tidak berubah setelah revisi penurunan 7,6 persen pada Januari.

"Kenaikan dalam aktivitas kontak pembeli ini dapat menindikasikan tahap awal dari lonjakan kedua dari penjualan rumah musim semi ini," kata Lawrence Yun, kepala ekonom NAR.

"Keuntungan yang sehat menunjukkan harga rumah terus untuk datar," katanya.

"Kita perlu lonjakan kedua untuk memaknai penarikan turun persediaan dan menstabilkan nilai rumah definitif."

Kenaikan penjualan pending home pada Februari "mendukung pandangan kami bahwa penjualan existing-home (rumah yang telah ada) akan rebound selama musim semi, sebelum kredit pajak pembeli rumah berakhir untuk penutupan kontrak pada Juni," kata Petrus Newland dari Barclays Capital.

Di bawah program stimulus federal, pembelian rumah selesai 30 Juni akan memenuhi syarat ketika kontrak penjualan yang mengikat ditandatangani pada 30 April. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010