Liga 1 Indonesia

PT LIB: Kompetisi paling aman digelar Februari 2021

PT LIB: Kompetisi paling aman digelar Februari 2021

Ilustrasi - Penyerang Persija Jakarta Marko Simic (kiri) menendang bola dalam laga uji coba kontra Bhayangkara FC di Depok, Rabu (23/9/2020). Pertandingan itu berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Bhayangkara. ANTARA/HO/Persija.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Akhmad Lukita memastikan lanjutan kompetisi Liga 1 sulit digelar tahun ini dan berencana akan kembali berlangsung pada Februari 2021 mendatang.

"Januari kita lihat perkembangan, tapi paling aman digelar Februari ," kata Akhmad Lukita kepada ANTARA, Kamis.

Awal kompetisi digelar pada Oktober. Namun dua hari jelang kickoff, polisi tidak mengeluarkan izin penyelenggaraan. Lantas PSSI dan PT LIB memiliki tiga opsi penyelenggaraan.

Pertama menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Baca juga: Tak ada kompetisi Liga 1 Indonesia tahun ini
Baca juga: Pelatih Persib beri sinyal liga akan dilanjutkan pada 1 Januari


Jika 1 November tidak diizinkan, PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020. Ini semua PSSI lakukan karena aspirasi klub yang ingin kompetisi kembali digelar.

Akan tetapi, kalau harus dimulai pada 1 Januari 2021 kompetisi amat mungkin agar digelar 2 wilayah karena keterbatasan waktu.

Opsi pertama dan kedua dipastikan gagal, pasalnya polisi tetap tidak memberikan izin karena harus mulai fokus pada pengamanan Pilkada serentak yang tetap digelar meski di tengah pandemi. Sehingga PSSI dan PT LIB harus mengalihkan perhatiannya di tahun depan.

Akhmad mengatakan pihaknya telah menghubungi seluruh perwakilan klub perihal keputusan penundaan liga. Mereka juga akan menyusun ulang skema serta format kompetisi yang telah disusun sebelumnya.

"Format lagi kita rumuskan ulang yang terbaik mendengarkan masukan-masukan dari klub-klub juga. Nanti LIB akan mengeluarkan surat edaran mengenai jadwal dan format," kata dia.

Baca juga: Barito Putera tetap penuhi hak pemain meski kompetisi tak jelas
Baca juga: Borneo FC liburkan pemain hingga batas waktu yang belum ditentukan

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar