Ambon (ANTARA News) - Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Karel Albert Ralahalu optimistis "kabinet" PDI Perjuangan hasil Kongres III di Bali, 6-9 April 2010 memprioritaskan kaderisasi sehingga terwujud regenerasi kepemimpinan di parpol ini.

"Saya optimitis Megawati Soekarnoputri yang telah didukung 33 DPD dan 495 DPC kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan lima tahun ke depan akan memprioritaskan kader-kader muda yang memiliki kapabilitas untuk duduk di kabinet mendatang," kata Ralahulu kepada ANTARA News via pembicaraan telepon Ambon-Denpasar, Selasa.

Gubernur Maluku itu mengatakan, diusungnya kembali Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan tidak berarti kaderisasi di tubuh parpol itu mandeg.

DPD PDI Perjuangan Maluku sendiri, tegas Ralahalu, termasuk yang masih mengidolakan Megawati memimpim kembali parpol itu karena simpatisan dari anak ranting, ranting, pengurus anak cabang, cabang sampai Konferda, memang menghendakinya.

Disinggung kader Maluku diperjuangkan masuk "kabinet" DPP PDI Perjuangan, Ralahalu mengemukakan itu merupakan hak ketua umum terpilih sebagai formatur tunggal.

"Pastinya kader Maluku akan masuk `kabinet` sebagai keterwakilan Kawasan Timur Indonesia (KTI) sebagaimana Alex Litaay pernah menjadi Sekjen DPP PDI Perjuangan," ujarnya. (*)

L005/R014/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010