New York (ANTARA News/AFP) - Pasar saham AS berakhir "mixed" atau bervariasi pada Selasa, karena investor melakukan aksi ambil untung di pasar yang sedang naik.

Dow Jones Industrial Average turun 3,56 poin (0,03 persen) menjadi 10.969,99 pada penutupan.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq naik 7,28 poin (0,30 persen) menjadi 2.436,81 dan pasar lebih luas indeks Standard & Poor`s 500 maju 1,99 poin (0,17 persen) pada 1.189,43.

Setelah minggu mantap, jika tidak dramatis, keuntungan, investor tampaknya melakukan aksi ambil keuntungan.

Pada Senin, Dow telah datang dalam jarak pukul dari penghitungan simbolis 11.000 poin.

Patrick O`Hare dari Briefing.com mengatakan ada "perasaan umum bahwa pasar keluar untuk istirahat dan mungkin terkena beberapa aksi ambil keuntungan biasa."

Pada Selasa Federal Reserve mempublikasikan risalah yang secara luas positif dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Maret. FOMC menetapkan tingkat bunga acuan AS.

Meskipun anggota Fed mengatakan prospek ekonomi membaik, pihaknya menunda keputusan pada strategi keluar dari langkah-langkah besar dukungan ekonomi.

Pandangan The Fed sudah cukup untuk membantu saham pulih dari kerugian awal, tapi tanpa kejutan positif yang bisa memicu "rally" (kenaikan panjang).

"Risalah dari pertemuan terakhir The Fed tidak memberikan kejutan," menurut Scott Marcouiller dari Wells Fargo Advisors.

Saham keuangan mengakhiri hari tersebut lebih tinggi dengan saham perbankan naik 1,22 persen.

Bank of America memimpin di antara bank yang tercatat di Dow, dengan harga saham naik hampir dua persen.

Keuntungan ini diimbangi oleh komponen teknologi Dow. IBM dan United Technologies keduanya membukukan kerugian moderat.

Saham perusahaan telekomunikasi AS AT&T mengalami reli pada menit terakhir menjadi mengakhiri hari pada tingkat 26,31 dolar. Perusahaan merugia pada awal setelah mengumumkan akan menghabiskan satu miliar dolar untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan bisnis.

Salah satu pencetak penurunan terbesar hari ini adalah Massey Energy Company, yang tenggelam 11 persen pada penutupan di tengah berita bahwa ledakan metana di salah satu tambang di Virginia Barat telah menewaskan sedikitnya 25 orang.

Kecelakaan, kecelakaan pertambangan terburuk di AS sejak tahun 1984, Senin siang ketika penambang melakukan pergantian shift di tambang yang terletak sekitar 30 mil (50 kilometer) selatan Charleston, Virginia Barat.

Obligasi juga bervariasi. Hasil pada obligasi Treasury AS 10-tahun turun tipis menjadi 3,968 persen dari 3,994 persen pada Senin dan obligasi 30-tahun naik sedikit menjadi 4,844 persen dari 4,843 persen.

Hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah berlawanan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010