Los Angeles (ANTARA News) - Aktor Corey Haim membeli lebih dari 550 dosis obat yang diresepkan termasuk Valium dan Vicodin beberapa pekan sebelum kematiannya pada 10 Maret, kata Jaksa Agung California Jerry Brown, Selasa.

Haim, bintang film remaja kelahiran Kanada 1980-an yang hidupnya mengalami kemerosotan akibat penyalahgunaan obat dan alkohol, meninggal pada usia 38 tahun.

Saat itu, petugas koroner Los Angeles mengatakan kematiannya tampaknya disebabkan oleh kelebihan obat.

Pihak berwenang belum mengumumkan penyebab resmi kematian Haim karena menunggu hasil pemeriksaan toksiologi.

Para pejabat California sudah melakukan penyelidikan mengenai pemberian resep secara tidak sah sebagai bagian dari penyelidikan lebih luas mengenai penggunaan obat. Mereka telah mengaitkan Haim dengan jaringan narkotika.

Brown mengatakan satu laporan dari Biro Pengawas Narkotika mendapati Haim membeli 195 dosis obat penenang Valium, 194 dosis obat pelemas otot Soma, 149 dosis obat kuat penghilang sakit Vicodin dan 15 pil penghilang cemas Xanax dari 2 Februari sampai 5 Maret.

"Dalam waktu 32 hari, Corey Haim memperoleh sedikitnya 553 dosis obat yang berpotensi menimbulkan bahaya melalui resep," kata Brown, yang akan mencalonkan diri sebagai gubernur California, dalam satu taklimat.

"Penting bagi orang untuk memahami obat sah yang diperoleh melalui resep dapat sama berbahayanya dengan obat di jalan, dan membeli obat dengan resep dari banyak dokter dapat mematikan," kata Brown seperti dilaporkan Reuters.

Setelah kematian Haim, kantor Brown menyatakan penyelidikan di daerah San Diego mendapati sejumlah orang menawarkan resep ilegal. Wanita jurubicara bagi kantor jaksa umum mengatakan penangkapan telah dilakukan sehubungan dengan jaringan obat itu.

Brown mengatakan, anggota jaringan tersebut beroperasi dengan menggunakan buku resep dari ahli farmasi resmi dengan menggunakan identitas dokter yang mereka curi.

Buku resep itu kemudian dijual kepada pecandu atau orang lain yang menulis resep, dan para dokter biasanya tak menyadari identitas mereka telah digunakan, kata Brown.

Brown telah memerintahkan penyelidikan mengenai kematian lebih dari 200 orang yang berkaitan dengan obat saat ia berusaha mengekang penyalahgunaan obat dengan menggunakan resep. Selain kasus Haim, Brown juga telah menyelidiki kematian model Annan Nicole Smith dan penyanyi Michael Jackson.

Haim dikenal karena karyanya di film seperti "Lucas" dan "The Lost Boys". Tetapi ia barangkali menjadi sama terkenalnya karena masalah obat dibandingkan dengan karir aktingnya, dan pada masa lalu secara terbuka telah berbicara mengenai perjuangan melawan kecanduan.
(C003/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010