Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Mallarangeng menargetkan minimal meraih 120 emas pada ajang SEA Games 2011 yang akan digelar di Tanah Air.

"SEA Games nanti harus dijadikan momen kebangkitan Indonesia. Apalagi pelaksanaannya di negara sendiri," katanya pada Sarasehan "Menjadi Tuan Rumah Baik di SEA Games XXVI", di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, untuk merealisasikan target itu memang cukup berat, namun jika seluruh elemen terutama pengurus besar induk organisasi olah raga yang dipertandingkan di SEA Games menyiapkan atlet dengan baik bisa dipastikan hasilnya juga baik.

"Di SEA Games Laos kita mampu meraih 43 emas. Jadi untuk rumah sendiri harus mampu meraih tiga kali lipat. Ini adalah salah satu peluang untuk menjadi juara," katanya dengan tegas.

Mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengimbau seluruh pengurus besar secepatnya mempersiapkan atlet dan melupakan konflik-konflik yang terjadi di internal pengurus besar.

Ia menambahkan, sesuai dengan laporan yang masuk, cabang olah raga yang dipertandingkan pada SEA Games 2011 sebanyak 35 cabang. Jumlah tersebut akan bisa bertambah dan berkurang.

Sementara pelaksanaan SEA Games sesuai dengan keputusan presiden akan digelar di empat tempat yaitu Palembang Sumatra Selatan, Jakarta, Semarang Jawa Tengah dan Bandung Jawa Barat.

Sementara itu Ketua Umum KONI Rita Subowo mengatakan untuk lokasi hingga saat ini belum ada perubahan, sedangkan cabang olah raga sesuai dengan pengajuan yaitu 35 cabang.

"Cabang itu nantinya akan dibawa pada SEA Games Council Meeting pada bulai Mei 2010," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pihaknya optimistis jika SEA Games 2011 nanti akan berjalan sukses karena sebelumnya sudah menggelar multi event, di antaranya Asian Beach Games 2008 di Denpasar Bali.(B016/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010