Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak ribuan suporter Klub Persija Jakarta, melakukan demo di Kantor PSSI Jakarta dan Kantor Menpora, Kamis siang, menuntut pemerintah membentuk Dewan Sepak Bola Nasional.

Demikian salah satu butir tuntutan ribuan Jakmania ini.

Menurut Seketaris Umum Richard Achmad Supriyanto, pihaknya mengecam keras aksi pengurus PSSI yang menolak butir kedelapan Kongres Sepak Bola Nasional di Kota Malang akhir Maret 2010.

"Kami meminta pemerintah untuk mengambil langkah-langkah intervensi dengan tetap menjalankan hasil rekomendasi butir kedelapan yang digugat PSSI itu," katanya.

Ribuan Jakmania ini mengendarai ratusan motor dan puluhan kendaraan roda empat tiba di depan kantor PSSI sekitar pukul 12.00 WIB.

Mereka langsung melakukan orasi dan meneriakkan yel-yel. Demo kali ini merupakan demo dengan jumlah pendemo terbesar sepanjang sejarah demo di PSSI.

Mereka juga menuntut PSSI bertanggung jawab atas sejumlah kasus pertandingan yang merugikan Persija, termasuk kekalahan atas Persik Kediri 1-2. Selain itu mereka menilai Persija juga dirugikan atas hukuman WO atas Persiwa.

Selain itu mereka menuntut PSSI mengadili wasit Fiator Ambarita yan memimpin pertandingan Persik vs Persija. Jakmania menuntut segera diadakan penyelidikan terhadap kepemimpinan wasit tersebut.

Namun mereka tak bertemu perwakilan PSSI sehingga Jakmania menaruh karangan bunga yang bertuliskan "matinya sportivitas" di pagar PSSI.

Jakmania kemudian meninggalkan Kantor PSSI menuju Kantor Menpora di kawasan Senayan.(T009//F002)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010