Jakarta (ANTARA News) - Partai Pemuda Indonesia (PPI), anggota partai koalisi pendukung Capres 2009 dari Partai Demokrat, menyampaikan dukungan politik terhadap kandidat calon Ketua Umum PD Marzuki Alie karena sebagai mantan Sekjen PD, Marzuki layak memimpin PD.

"Kami memandang Marzuki Alie lebih tepat memimpin PD. Karena dia telah mengawal partai yang didirikan Presiden SBY menuju kemenangan gemilang dan merupakan tonggak parpol koalisi," kata Sekjen DPP PPI Niko Silitonga di Jakarta, Kamis.

Selain itu, alasan parpol koalisi mendukung Marzuki Alie dikarenakan yang bersangkutan telah membangun Partai Demokrat sejak awal. Dengan demikian, "track record" Marzuki Alie dalam membesarkan partai Demokrat sudah tidak diragukan lagi.

"Dengan konsolidasi yang dilakukannya dari tingkat pusat hingga ke akar rumput, beliau sangat memahami kondisi partai Demokrat," katanya.

Berbeda dengan calon calon lainnya, menurutnya kehadiran Marzuki Alie di PD lebih dulu dibanding kandidat yang lain.

"Kami yakin figur calon Ketua Umum Partai Demokrat yang diinginkan merupakan figur orang lama yang sudah jelas kredibilitasnya, bukan figur yang dikhawatirkan belum teruji," katanya.

Menurut dia, sebagai partai yang masih baru, kondisi PD belum bisa dikatakan stabil. Karena itu orang orang baru dikhawatirkan tidak mampu meredam gejolak yang terjadi karena mereka belum mempunyai pengalaman dalam membesarkan PD.

Seiring dengan kehadiran Andi Malarangeng dan Anas Urbaningrum yang juga telah menyatakan mencalonkan diri, Niko berpendat kedua figur tersebut masih membutuhkan satu periode lagi untuk bisa memahami kondisi Partai Demokrat.

"Saya kira Andi dan Anas masih butuh satu periode lagi untuk bisa memimpin partai Demokrat sehingga militansinya dapat mengakar dan sekaligus dapat mengetahui kondisi partai," ujarnya.
(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010