Surabaya (ANTARA News) - Persebaya berada dalam tekanan cukup berat untuk meraih kemenangan saat menghadapi Pelita Jaya Karawang, pada pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Minggu (11/4).

Pelatih Persebaya Rudy William Keeltjes kepada wartawan di Surabaya, Sabtu, mengakui laga melawan Pelita Jaya menjadi penentu peluang timnya untuk menjauh dari zona degradasi, setelah gagal meraih kemenangan di dua laga sebelumnya.

"Kami memang dalam kondisi cukup sulit, karena ada tuntutan dan tekanan besar kepada pemain untuk menang. Tapi itu tidak boleh menjadi beban buat anak-anak di pertandingan besok," kata Keeltjes.

"Bajul Ijo" kini berada di peringkat ke-15 atau zona "play off" dengan menyisakan tujuh laga, dua di antaranya laga kandang melawan Pelita Jaya dan Persitara Jakarta Utara pekan depan.

Hasil mengecewakan dalam tiga laga kandang sebelumnya dengan hanya meraih satu kemenangan, sekali seri dan sekali kalah, membuat posisi Persebaya terancam terdegradasi musim depan.

Terakhir, Persebaya ditahan imbang tanpa gol oleh Persija Jakarta dan sebelumnya dipermalukan PSPS Pekanbaru 0-1.

"Kesempatan lolos dari degradasi masih terbuka dan kuncinya ada di dua pertandingan kandang terakhir. Karena itu, anak-anak harus bangkit dan tidak boleh gagal lagi," kata Keeltjes.

Namun, kekuatan Persebaya sedikit berkurang saat menghadapi Pelita Jaya dengan absennya beberapa pemain kunci, yakni Taufiq, Wijay, Juan Marcelo, dan Mat Halil. Kecuali Mat Halil yang terkena akumulasi kartu kuning, ketiga pemain lainnya masih dibekap cedera.

"Saya sudah antisipasi masalah ini dengan menyiapkan pemain pelapis," tambah Rudy Keeltjes.

Sementara itu, kubu Pelita Jaya yang juga sedang berburu tambahan angka untuk lepas dari degradasi, berambisi menahan laju tuan rumah untuk meraih kemenangan.

"Kami sudah melupakan kekalahan sebelumnya di kandang Persik dan kini anak-anak fokus menghadapi Persebaya," kata pelatih Pelita Jaya Jajang Nurjaman usai memimpin sesi latihan timnya di Stadion Tambaksari.

Jajang mengaku sudah menyiapkan strategi untuk meredam tekanan tuan rumah yang sangat ngotot ingin menang.

"Persebaya punya beberapa pemain bagus dengan ciri permainan cepat dari kaki ke kaki. Anak-anak harus tampil disiplin dan tidak boleh memberi kesempatan pemain lawan berkembang," tambahnya.

Duet penyerang Esteban Viscarra dan Redouane Barkoui hampir dipastikan menjadi figur sentral Pelita Jaya untuk mendobrak pertahanan Persebaya.(ANT/A038)

Pewarta: Ardianus
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010