Jakarta (ANTARA) - Schalke 04 menaklukkan FC Schweinfurt 4-1  dalam pertandingan Piala Jerman di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Selasa, sehingga maju ke babak kedua.

Tim strata keempat Schweinfurt unggul terlebih dahulu melalui gol Martin Thomann pada menit ke-37, namun Vedad Ibisevic menyamakan kedudukan pada menit 39, dan gol Alessandro Schoepf pada menit 44 membalikkan keadaan.

Schoepf mengemas gol keduanya sekaligus gol keempat Schalke  pada menit ke-81 menjelang laga usai, sebelum gol Benito Raman menutup kemenangan besar tim Bundesliga tersebut pada menit ke-86, demikian catatan laman resmi DFB.

Kemenangan itu semestinya menjadi penyuntik moril bagi Schalke yang telah menghentikan rentetan tiga pertandingan tanpa kemenangan.

Schweinfurt memulai pertandingan dengan kepercayaan diri dan mendapatkan sejumlah peluang termasuk Kristian Boehnlein yang tandukannya mengenai sisi samping gawang yang meneruskan tendangan sudut.

Schalke sedikit memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan permainan ini akibat banyaknya perombakan dalam skuad. Mereka baru memiliki peluang saat umpan silang mendatar Mendyl tertuju kepada Ibisevic, namun pemain Bosnia itu gagal menyambar bola.

Gol pemecah kebuntuan diciptakan oleh "tuan rumah." Sascha Marinkovic mengirimkan bola kepada Thormann yang menyelesaikan peluang dengan sepakan melengkung yang tak bisa digagalkan kiper Ralf Fahrmann.

The Royal Blues menyamakan kedudukan tidak lama kemudian. Steven Skrzbski mengirimkan bola kepada Ibisevic yang kali ini mengubah skor menjadi 1-1.

Menjelang turun minum Schalke berbalik unggul saat sepakan Skrzbski mengenai mistar gawang, dan Schoepf bergerak cepat menyambar bola pantul.

Schweinfurt memiliki peluang menyamakan kedudukan saat mendapat hadiah penalti akibat pelanggaran Salif Sane terhadap Adam Jabiri di kotak terlarang. Namun kiper Fahrmann menggagalkan eksekusi Amar Suljic.

Justru Schoepf yang mengemas gol ketiga Schalke saat pertandingan memasuki fase akhir ketika pemain Austria itu melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti.

Raman turut mencatatkan namanya di papan skor saat mengemas gol perdananya musim ini dengan penyelesaian mendatar dari operan Schoepf.

Babak kedua  dilangsungkan Minggu 8 November di mana Schalke bertamu ke markas juru kunci Mainz 05.

Baca juga: Ditahan imbang Stuttgard, Schalke perpanjang rentetan laga nirmenang
Baca juga: Dortmund menangi Derby Lembah Ruhr setelah pukul Schalke 3-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020