Bandung (ANTARA News) - Deny Pribadi tampil sebagai juara pada Archilles Racing One Mercedes pada event Indonesia Series of Motorsport (ISOM) 2010 di Sirkuit Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Deny dari Jackey Motorsport Tangerang dengan tipe mobil W-124 tampil sebagai pembalap tercepat mengungguli sembilan pembalap lainnya di nomor "one make race" pabrikan Mercedes itu.

Peringkat kedua ditempati Rahmat R dari Star Service Jakarta sedangkan ketiga Indra Zain dari Bambu Apus Jakarta.

"Balapan ini sangat istimewa karena merupakan balapan one make race Mercedes pertama di Indonesia dan Asia, saya senang bisa menjadi juara pertama kali di sini," kata Deny Pribadi seusai penyerahan piala.

Dengan kendaraan yang masih `muda`, serie W-124, Denny melaju kencang dan melakukan overlap terhadap peringkat terakhir Henry Tangahu.

Pembalap asal Tangerang itu jauh meninggalkan peringkat kedua Rachmat R dan pembalap lainnya Indra Zain dan Ayub Ilyas.

Dari 10 starter untuk kategori balapan Archilles Racing One Mercedes, lima kendaraan rontok di tengah lomba karena digeber habis sepanjang lomba. Pembalap yang terpaksa masuk padock antara lain Edwin Tedja (Bandung), Aditya BBC, Faisal Amardanu (Bandung) dan Made Rizwan (Tangerang).

"Kendaraan saya bermasalah sejak kualifikasi, saya coba membalap save dengan kecepatan terukur, namun tetap saja harus keluar lomba," kata Edwin Tedja yang harus keluar lomba pada lap ketiga.

Rata-rata mobil peserta mengalami jebol mesin, terutama akibat digeber habis-habisan pada lap pertama dan kedua dari total tujuh lap.

Para pembalap yang semuanya pendatang baru mengaku mendapatkan sensasi baru dalam balapan one make race itu. Selama ini mereka turun di kelas klasik yang terdiri dari berbagai macam merek kendaraan buatan di bawah 1980.

"Secara umum balapan pertama Mercedes cukup sukses, dan diharapkan putaran kedua persaingan lebih ketat lagi," kata Edwin Tedja yang juga promotor balapan itu.

Sementara Zein Iskandar yang mewakili produsen ban Archilles mengaku siap mendukung balapan Mercedes Race hingga putaran keenam atau Desember 2010 mendatang.

"Penyelenggaraan pertama cukup sukses dan kami akan mendukung hingga seri terakhir," kata Zein.

Sementara itu Director Race I Indonesian Series of Motorsport (ISOM) Jembar Kartasasmita menyebutkan gelaran pertama "one make race" Mercedes Race sudah cukup bagus, meski dari sisi regulasi dan pengetahuan pembalapnya perlu ditingkatkan.

"Pengetahuan regulasi pertandingan dari pembalap perlu ditingkatkan, salah satunya dalam kelengkapan alat pengamanan lomba, termasuk alat pemadam kebakaran. Satu kendaraan terpaksa kami tahan tak bisa ikut lomba karena tak dilengkapi alat pemadam api," kata Jembar.

Sementara itu balapan Indonesian Series of Motorsport (ISOM) 2010 itu juga mempertandingkan kategori VW, Honda Jazz Speed Challenge, BMW dan Retro. Selain itu juga diperlombakan Indonesian Clasic Race Championship.
(T.S033/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010