Jakarta (ANTARA News) - Pesawat Airbus 330 Cathay Pacific yang terbang dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Selasa, mendarat darurat di Bandar Udara Internasional Hong Kong.

Dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 13.43 waktu Hong Kong itu, delapan dari 309 orang penumpang pesawat bernomor penerbangan CX780 itu terluka, demikian penjelasan Cathay Pacific.

Dalam siaran persnya yang diperoleh ANTARA di Jakarta, Selasa malam, maskapai penerbangan itu mengatakan, para penumpang yang terluka sudah dibawa ke rumah sakit setempat dengan ditemani staf Cathay Pacific. Namun tidak dijelaskan kewarganegaraan penumpang yang terluka.

Juru bicara Cathay Pacific mengatakan, saat hendak mendarat di Bandara Internasional Hong Kong, mesin sebelah kiri pesawat mati sedangkan mesin lainnya tetap berfungsi.

Selama pendaratan, empat roda sebelah kiri pesawat A330 yang dipakai Cathay Pacific sejak 1998 ini "mengempis". Dua dari empat roda sebelah kanannya juga "mengempis", katanya.

Pengempisan ban-ban A330 itu merupakan hal normal karena didesain demikian sehingga ban pesawat tidak meledak saat pilot melakukan pengereman kuat dalam pendaratan, katanya.

Kasus ini tengah diselidiki otoritas penerbangan sipil setempat.
(T.R013/Z002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010