Tambahan 60 positif dan 42 orang sembuh COVID-19 di Batam

Tambahan 60 positif dan 42 orang sembuh COVID-19 di Batam

Data COVID-19 Kota Batam. ANTARA/Naim

Batam (ANTARA) - Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau mencatat tambahan 60 orang positif dan 42 orang sembuh dari paparan virus corona di kota setempat, pada Jumat.

Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Batam Didi Kusmarjadi menyatakan, dengan tambahan itu, total 3.051 orang positif COVID-19, sebanyak 2.373 orang di antaranya dinyatakan sembuh, 78 orang meninggal dan 600 orang sedang dirawat.

Dari tambahan 60 orang positif hari ini, 19 orang di antaranya adalah konfirmasi bergejala, 35 orang konfirmasi tanpa gejala, dan enam orang lainnya konfirmasi kontak dengan pasien terpapar sebelumnya.

"Dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam terhadap seluruh klaster dapat disimpulkan sementara bahwa saat ternyata terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru," kata Didi dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Kesembuhan COVID-19 di Batam 80 persen

Menurut dia, peningkatan jumlah kasus COVID-19 terkait dengan penurunan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di berbagai aktifitas sehari-hari.

"Hal ini nantinya memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus COVID-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Gugus Tugas mengingatkan dan mengimbau masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah, dan jika terpaksa harus keluar maka harus menggunakan masker.

Masyarakat juga diminta menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup.

Baca juga: Pemprov Kepri perintahkan Batam tutup industri abai protokol kesehatan
Baca juga: 37 pekerja PCI Batam sembuh dari COVID-19

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar