Jakarta (ANTARA News) - The International Knowledge Network of Women in Politics atau iKNOW Politics (Jaringan internasional pengetahuan bagi perempuan dalam berpolitik) meluncurkan portal  sekaligus forum berbasis internet www.iKnowpolitics.org sebagai wahana pengetahuan bagi perempuan dalam berpolitik.

"Kami menganggap bahwa peluncuran portal ini sangat penting bagi kepentingan pemberdayaan perempuan di Indonesia terutama dalam berpolitik," Kata Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Linda Amalia Sari Gumelar dalam sambutannya di Hotel Borobudur Jakarta pada Kamis.

iKNOW politics adalah Jaringan online yang didedikasikan untuk kemajuan perempuan dalam berpolitik, dan diharapkan dapat membuka kesempatan bagi para pengguna baru di daerah dengan keterwakilan politik yang rendah.

Tristanti Mitayani Kordinator regional iKNOW Politics mengatakan Portal www.iKnowpolitics.org juga menyediakan ruang diskusi bagi perempuan Indonesia untuk berbicara dan belajar dalam politik tanpa ruang kelas dengan perpustakaan online yang memiliki sekira 3000 artikel bebas akses.

Proyek ini merupakan hasil kemitraan antara international institute for Democracy and Electoral Assistance (International IDEA),inter-Parliamentary Union (IPU),National Democratic Institute (NDI),United Nations Development Programme (UNDP), dan United Nations Development funds for Women (UNIFEM).

Peluncuran di Indonesia ini dilaksanakan atas dukungan United Nations Democracy Fund (UNDEF), The Norwegian Ministry of Foreign Affairs (Kementrian luar negeri Norwegia) dan Irish Aid (Bantuan Pemerintah Irlandia).

Portal iKNOW Politics di Indonesia menargetkan setidak-tidaknya tahun ini 200 ribu orang akan mengunjungi www.iknowplotics.org yang tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, dan Arab. Indonesia adalah negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang menjadi tempat bagi peluncuran portal iKNOW Politics.(YUD/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010