Ottawa (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Kanada, Lawrence Cannon, menunda kunjungannya ke Rusia, Kroasia dan Finlandia karena awan abu volkanik yang menghentikan perjalanan udara di Eropa, kata kantornya Jumat.

Cannon berencana melakukan kunjungan ke Moskow, Zagreb dan Helsinki dari 18-21 April, dan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri NATO di Tallinn, Estonia, 22-23 April.

"Tanggal baru untuk kunjungannya hingga kini belum diputuskan. Partisipasi menteri Cannon pada Pertemuan Tingkat Menteri NATO masih memungkinkan," kata pernyataan kantornya.

Awan abu dari letusan gunung berapi di Islandia, Rabu, menutup semua bandar udara di Finlandia, Kamis, sehingga menghentikan lalulintas udara di negeri tersebut.

Delegasi Dewan Keamanan PBB telah membatalkan lawatan yang direncanakan ke Republik Demokratik Kongo (DRC) melalui Prancis karena kekacauan lalulintas udara yang diakibatkan oleh awan abu gunung berapi dari Islandia, seorang juru bicara PBB mengatakan, Jumat.

Yves Sorokobi menjelaskan, Duta Besar Prancis untuk PBB Gerard Araud, yang sedianya akan memimpin misi ke Kinshasa untuk membicarakan masa depan kehadiran PBB di DRC, memutuskan untuk membatalkan lawatan itu "karena perkembangan tak terduga terkait dengan awan gunung api tersebut". Keputusan itu diambil Araud setelah ia berkonsultasi dengan rekan-rekan kerjanya di DK-PBB.

Delegasi dari ke 15 anggota Dewan Keamanan PBB sedianya berangkat Jumat ke Paris dalam perjalanannya ke Kinshasa.

Menurut Dinas Penerbangan Sipil Finlandia, wilayah udara Finlandia telah ditutup akibat awan abu gunung berapi dari Islandia, yang dapat mematikan mesin pesawat.

Selain itu, jarak pandang yang lemah akibat debu juga dapat menimbulkan resiko bagi keamanan pesawat, katanya.

Penutupan sekarang dilakukan pada semua bandar udara di seluruh Finlandia, termasuk bandar udara Helsinki-Vantaa di ibu kota Finlandia.

Ratusan penerbangan telah dibatalkan di Finlandia, Kamis, termasuk puluhan penerbangan internasional dari dan ke Finlandia, sementara perjalanan udara juga telah dihentikan di beberapa negara lain Eropa, termasuk Norwegia dan Inggris.

AFP/H-AK/C003

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010