Surabaya (ANTARA News) - Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Menegpora) Andi Alfian Mallarangeng tidak ingin ada dualisme pembinaan olahraga seperti yang pernah terjadi.

"Sekarang harus fokus dalam melakukan pembinaan olah raga," katanya dalam sambutan pembukaan seminar Pembinaan Kepemimpinan dan Regulasi Olah Raga Jatim di Surabaya, Sabtu.

Dualisme pembinaan olahraga iyang pernah terjadi adalah Program Atlet Andalan (Pal) dari Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga dan program Pelatnas dari Komite Nasional Olah Raga Indonesia (KONI).

"Dualisme seperti itu juga jangan sampai terjadi di PSSI," katanya dengan mengatakan pula pembinaan olahraga saat ini difokuskan pada Program Indonesia Emas (Prima) yang ditargetkan menjadi juara umum SEA Games Ke-26 di Indonesia pada 2011.

"Kalau ingin sukses di SEA Games dan Asian Games, pembinaan harus dilipatgandakan, bahkan harus tiga kali lipat dibandingkan sebelumnya, kalau prestasi kita tidak mau jeblok," katanya.

Andi menjelaskan dalam Prima itu, KONI bertindak sebagai pelaksana, sedangkan Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga selaku pengarah sehingga kedua lembaga itu berjalan dalam satu koordinasi, tidak seperti PAI dan Pelatnas.(*)

M038/F002/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010