Banjarmasin, Kalsel (ANTARA News) - Sekretaris Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Denny Indrayana mengatakan Satgas sedang fokus memberantas sembilan macam mafia yang disebutnya sembilan "big fish" (kelas kakap).

"Satgas mafia pemberantasan mafia hukum fokus terhadap sembilan `big fish`," kata Denny di Banjarmasin, Sabtu, saat berbicara pada seminar nasional "Perlindungan Hukum Investasi" di Universitas Lambungmangkurat.

Kesembilan `Big Fish` itu adalah mafia korupsi, mafia pajak dan bea cukai, mafia pertambangan dan energi, mafia tanah, mafia hutan, mafia perbankan serta keuangan dan `illegal fishing` (perikanan liar).

"Selama mafia-mafia ini semua tidak diberantas akan sulit membangun bangsa ke depan. Selama tak berani bersih-bersih akan sulit. Rumusnya seperti Presiden SBY bilang, bersihkan semua," kata Denny.

Denny menjelaskan, pemberantasan mafia hukum merupakan program utama yang dilaksanakan pemerintah Presiden SBY-Boediono dan saat ini adalah momentum terbaik untuk pemberantasan mafia hukum.

Denny meminta masyarakat untuk cermat memilih pemimpin, khususnya pada pemilu kada Kalsel Juni mendatang. "Pilih calon kepala daerah yang yang putus hubungan dengan mafia tambang (batubara). Pilih yang tak memberikan ijin tambang," katanya. (*)

J004/O001/AR09

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010