Surabaya (ANTARA News) - Calon Ketua Umum Partai Demokrat, Andi Alfian Mallarangeng, mengklaim didukung 70 persen dewan pengurus daerah (DPD) dan dewan pengurus cabang (DPC) sehingga menjadi bekal cukup dalam Kongres Partai Demokrat, Mei mendatang.

"Hampir 70 persen DPD dan DPC telah mendukung saya. Di Jatim sudah ada 30 lebih DPC yang menyatakan dukungan terhadap saya," katanya di Surabaya, Sabtu.

Selain menghadiri deklarasi dukungan untuknya, kedatangan Andi ke Surabaya untuk bersilaturahmi dan berdiskusi dengan DPD dan DPC-DPC.

"Saya akan menyampaikan visi dan misi saya, bagaimana upaya memodernisasi partai agar menjadi lebih besar dan lebih maju lagi," katanya.

Menanggapi klaim dari kubu Anas Urbaningrum, kandidat ketua umum Partai Demokrat lainnya, yang menyatakan mampu mengumpulkan dukungan dari 33 DPC, Andi menganggapnya wajar.

Bahkan, acara deklarasinyja yang digelar di hotel berbintang di kawasan Jalan Tunjungan Surabaya itu dihadiri oleh lebih sedikit peserta dibandingkan dengan acara serupa yang digelar Anas Urbaningrum di hotel berbitang di Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Selasa (12/4) lalu.

"Saya kira wajar, kalau ada orang yang hadir di sana, kemudian hadir lagi di sini. Bagi saya, yang terpenting dukungan konkret saat kongres nanti," kata mantan juru bicara Kepresidenan RI itu.

Kalau pun nanti terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Andi berjanji akan merangkul dua pesaingnya, yakni Anas Urbaningrum dan Marzuki Alie untuk duduk di kepengurusan periode 2010-2015.

"Keduanya kader terbaik, tentu akan kami tempatkan di tempat terbaik pula," kata Ketua DPP Partai Demokrat Bidang SDM periode 2005-2010 itu.

Sementara itu, putra Presiden Bambang Yudhoyono, Eddie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, menyatakan, dukungannya terhadap Andi Mallarangeng.

"Beliau sosok yang cocok membawa partai ini menjadi lebih modern," kata anggota DPR dari Dapil VII Jatim yang dalam Pemilu 2009 meraih suara terbanyak itu.

Ia menolak dukungannya itu sebagai indikasi atas dukungan atau restu Presiden Yudhoyono sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat terhadap Andi.

"Saya datang ke sini tidak mengatakan Bapak saya mendukung Bang Andi. Tapi saya datang ke sini untuk membawa aroma atau nuansa kecocokan terhadap Bang Andi yang saya yakini dapat membawa partai ini lebih besar lagi," kata Ibas.

Meskipun demikian, kader Partai Demokrat diminta menafsirkan sendiri sikap politik keluarga Cikeas terhadap calon ketua umum Partai Demokrat, terutama jika dikaitkan dengan kehadirannya dalam deklarasi Andi Mallarangeng, bukan calon lainnya.

"Tafsirkan sendiri, mengapa saya selalu aktif mendatangi acara deklarasi Bang Andi, bukan yang lainnya," katanya.

M038/AR09

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010