Jakarta (ANTARA News) - Salah seorang anggota Dewan Pendiri Partai Demokrat, Hencky Luntungan menyatakan, sejumlah tokoh pendiri partai itu, termasuk Prof Dr Budhisantoso (mantan Ketua Umum) mendukung Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode mendatang.

"Kehadiran Prof Budi pada deklarasi Saudara Anas Urbaningrum (AU) sebagai calon Ketum, menunjukkan kami dari Dewan Pendiri lebih mempercayai AU ketimbang kandidat lainnya sebagai figur tepat untuk membawa bahtera partai lebih maju ke depan sesuai ajaran Pak SBY," katanya kepada ANTARA akhir pekan ini.

Dia melanjutkan, "Bagi kami, yang terpenting pula untuk lebih dipertegas pada kongres tersebut, ialah agar partai ini jangan melupakan sejarah mengapa dia hadir di ranah politik republik ini. Terutama menyangkut doktrin nasionalisme, humanisme dan pluralisme."

Sebagaimana dikehendaki Ketua Dewan Pembina, demikian Hencky Luntungan, kongres di Bandung akan mencari pemimpin yang santun, memimpin dengan hati, pikiran dan punya pengalaman kepemimpinan matang, sambil tidak melupakan sejarah kelahiran partai tersebut.

Dalam konteks itulah, lanjutnya, AU diharapkan tampil dan mampu menjadi perekat semua kader, juga memantapkan visi partai ke depan tanpa kehilangan identitas.

"Intinya, AU itu sosok yang sangat pas, memadai dan karenanya banyak founding fathers partai mendukungnya, termasuk saya," demikian Hencky. (*)

M036/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010